Kim Jong Un komitmen denuklirisasi di Semenjung Korea

id Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. (KCNA/via REUTERS)

Sebaliknya, Presiden Trump juga berkomitmen memberikan jaminan keamanan kepada Korea Utara
Singapura, (Antaranew Sumbar) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkomitmen melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea, hal itu tertuang dalam dokumen bersama yang juga ditandatangani Presiden AS Donald Trump di Singapura, Selasa.

Sebaliknya, Presiden Trump juga berkomitmen memberikan jaminan keamanan kepada Korea Utara.

Sayang, dokumen itu tidak memberikan rincian mengenai jaminan yang diberikan Trump, demikian dilansir dari channelnwesasia.

Selain kesepakatan denuklirisasi dan jaminan keamanan, ada sejumlah hal lain yang disepakati kedua kepala negara, di antaranya AS dan Korea Utara berkomitmen membangun hubungan baru kedua negara, sesuai dengan keinginan masyarakat, demi keamanan dan kemakmuran.

Kedua negara juga sepakat bergabung membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

Dokumen yang ditandatangani Trump dan Kim juga menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom, 27 April 2018, yaitu komitmen Korea Utara untuk bekerja menuju denuklirisasi sepenuhnya di Semenanjung Korea.

AS dan Korea Utara juga berkomitmen memulihkan sisa-sisa tahanan perang.

Kemudian, dalam dokumen disebutkan tindak lanjut negosiasi yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan pejabat tingkat tinggi Korea Utara akan segera diatur, untuk melaksanakan KTT Singapura.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar