Korea Utara minta pasukannya bersiap hadapi perang lawan AS

id Kim Jong un

Korea Utara minta pasukannya bersiap hadapi perang lawan AS

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memeriksa pasukan di bandar udara Knevichi, dekat Vladivostok, Primorsky, Rusia (16/9/2023). ANTARA FOTO/Russian Defence Ministry/Handout via REUTERS/tom.

Jakarta (ANTARA) - Pemimpin Korea Utara (Korut) meminta pasukan bersenjatanya untuk bersiap menghadapi perang melawan Amerika Serikat saat dirinya menyalahkan Washington atas ketegangan terbaru di Semenanjung Korea, kata media yang dikelola pemerintah pada Kamis.

Pada hari kedua Rapat Pleno ke-9 Komite Sentral Partai Pekerja Korea (WPK) ke-8 pada Rabu, Kim Jong-un mengatakan bahwa AS terlibat dalam konfrontasi "yang belum pernah terjadi sebelumnya" terhadap Korut.

Kim "menetapkan tugas-tugas bagi Tentara Rakyat dan industri amunisi, senjata nuklir dan sektor pertahanan sipil untuk lebih mempercepat persiapan perang," kata Kim sebagaimana dikutip oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Dia mengatakan situasi politik dan militer telah mencapai tingkat yang ekstrem akibat langkah anti-Korut yang dilakukan AS.

Kim juga berjanji akan memperluas hubungan kerja sama strategis dengan "negara-negara merdeka anti-imperialis."

Pekan lalu, Kim memperingatkan bahwa negaranya "tidak akan ragu untuk meluncurkan serangan nuklir jika ada "musuh" yang memprovokasinya dengan nuklir.

Pyongyang baru-baru ini melakukan uji coba meluncurkan rudal balistik antarbenua Hwasong-18 berbahan bakar propelan padat, yang meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut.

Sumber: Anadolu

Baca juga: China respon rudal balistik Korut, Semenanjung Korea sangat kompleks

Baca juga: China, Korut gelar pembicaraan tingkat tinggi di tengah uji coba rudal

Baca juga: Korut tampilkan rudal balistik dan nuklir taktis pada parade militer

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemimpin Korut minta pasukannya bersiap hadapi perang lawan AS