Ini persiapan Pemkab Samosir menyambut kunjungan wisatawan lebaran

id danau toba

Ini persiapan Pemkab Samosir menyambut kunjungan wisatawan lebaran

Kapal wisata Danau Toba menuju Pulau Samosir. (cc)

Lakukan persiapan matang, sehingga seluruh kendala yang muncul nantinya dapat terkendali dengan baik
Samosir, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mempersiapkan diri dalam menyambut kunjungan wisatawan pada libur panjang Idul Fitri 1439 Hijriyah/2018 Masehi.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, di Pangururan, Rabu, menginstruksikan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk berpartisipasi secara aktif melayani para tamu.

"Lakukan persiapan matang, sehingga seluruh kendala yang muncul nantinya dapat terkendali dengan baik," ujar Bupati berpesan.

Sejumlah kondisi yang menjadi perhatian dalam memberikan rasa aman dan nyaman pengunjung, diantaranya pengaturan perparkiran di tempat-tempat wisata, antisipasi antrean keluar masuk pelabuhan fery di Simanindo dan Tomok yang menjadi tugas Dinas Perhubungan.

Dinas Pekerjaan Umum dan BPBD mewaspadai bencana longsor atau lainnya yang bisa mengakibatkan terputusnya arus lalu lintas dari Samosir mau pun dari luar Samosir, dengan membuat pos-pos penanggulangan serta menempatkan beberapa alat berat.

"Dengan demikian jika dibutuhkan penggunaan alat berat, maka mobilisasi alat berat ke lokasi bencana dapat direalisasikan dengan cepat," kata Bupati.

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan memperhatikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bahan pangan agar wisatawan tidak kewalahan dalam mencari kebutuhan tersebut.

Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan menata objek-objek wisata mengadakan pertunjukan seni budaya dan bersikap ramah supaya pengunjung betah.

Dinas Komunikasi dan Informatika agar menyiapkan pusat pengaduan atau pusat informasi dengan mengadakan Call Center yang dapat terhubung langsung ke setiap OPD untuk dapat mengantisipasi dengan cepat segala bentuk pengaduan yang terjadi di masyarakat khususnya para wisatawan.

Bupati juga menginstruksikan para pimpinan OPD untuk melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri. (*)