Wagub: Jalur Padang-Pekanbaru harus bebas dari PKL, terutama kelok sembilan

id Jalan

Wagub: Jalur Padang-Pekanbaru harus bebas dari PKL, terutama kelok sembilan

Wagub Nasrul Abit serahkan bantuan di Masjid Istiqomah Lubuk Alai, Limahpuluh Kota. (Ist)

Lubuak Alai, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nasrul Abit menegaskan, jalur lintas Padang-Pekanbaru harus terbabas dari aktivitas pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan dibahu jalan, terutama di kawasan kelok sembilan agar lancar dan aman.

Hal ini disampaikan saat Wagub memimpin tim safari ramadhan Ke Masjid Istiqomah Nagari Lubuak Alai Kecamatan IX Kabupaten Limapuluh Kota, Senin ( 28/5) malam.

"Kita akan menata dan kelola kelok sembilan untuk kenyaman dan ketertiban arus jalan terutama menjelang lebaran," ujarnya.

Ketentuan menjadikan ruas jalan tempat jualan ini amat bertentangan dengan aturan lalu lintas (UU No. 22/2009 tentang lalu lintas dan angkuta jalan dan Peraturan Pemerintah No 34 tahun 2006 tentang jalan) juga menganggu arus jalan serta merusak keindahan jalan kelok sembilan yang kita banggakan.

Kedepan pemrov Sumbar bersama Kementrian Pekerjaan Umum akan memperindah dengan membangun menara pandang, serta membanguan fasilitas lain bagi PKL sebagai kebutuhan wisata dan perkembangan UKM yang lebih baik tertata rapi di Limapuluh Kota.

Oleh karena mohon dukungan masyarakat, para ninik mamak, bundo kanduang, para pemuka tokoh, pemuda untuk pelaksanaan kegiatan realokasi PKL kelok sembilan dapat berjalan dengan baik, aman dan damai oleh "Tim Terpadu" menjelang lebaran ini, imbau Wagub Nasrul Abit.

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten Pembangunan dan kesra, Kadis Perikanan, Kadis Pariwisata, Bappeda, Dinas Kesehatan, Biro Bina mental dan kesraAsisten Pemerintahan Kab. Limapuluh Kota, Kapolres, Kapolsek, Forkopimda dan beberapa OPD pemkab Limapuluh Kota, Camat, KAN, Bamus Nagari Lubuak Alai.

Wagub Nasrul Abit menyampaikan Masjid Istiqamah Lubuak Alai, luar biasa bagus dan bersih, mudah-mudahan ini menandakan masyarakatnya hidup dengan damai dan sejahtera.

Rasanya tidak pantas untuk dibantu oleh Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar, namun karena sudah terjadwal kami serahkan bantuan Rp. 20 juta, 30 Al Qur'an dan 10 kain sarung untuk pengurus masjid.

Nagari Lubuak Alai bukan daerah tertinggal akan tetapi masyarakat telah maju dan sejahtera karena gambir, hari ini lesu karena harga gambir turun.

"Kami senang melihat anak-anak muda Lubuak Alai kreatif dan aktif ikut serta menyukseskan penyelenggaraan acara ini. Tentunya kita berharap anak-anak muda kita ini tidak terlibat dalam paham agama radikal yang membuat terorisme dibeberapa daerah di Indonesia," katanya.

Para polisi kira semua siaga satu dalam menjaga aktivitas ibadah ramadhan dimanapun, baik Polsek, Polres di daerah dan bahkan Polda di provinsi. Kita berharap walinagari, jorong agar menanyakan setiap pendatang baru, siapa namanya, apa tujuannya kesini dan apa kegiatan yang dilakukanya, himbau Wagub Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, jika ada aspirasi soal pembangunan jalan yang berkaitan dengan kewenangan provinsi silahkan usulkan ke provinsi dibahas untuk anggaran 2020, karena anggaran untuk 2019 sudah masuk dalam musrenbang 2018.

Dan soal keinginan masyarakat akan pembangunan sekolah mesti ada sertifikat tanah untuk jaminan sekolah tersebut, untuk pembangunan SMK sesuai dengan kebutuhan skil masyarakat disini kita bantu.

silahkan kunjungi Dinas Pendidikan Provinsi, dimasukan proposal dan dibicarakan, jika perlu langsung meninjau lokasi pembangunan, apakah sudah ada sertifikat dan kesepakatan masyarakat setempat.

Kemudian pihaknyaa juga berharap semua elemen masyarakat agar terlibat dalam upaya menjaga keamanan dan ketentraman hidup dilingkungan masing-masing termasuk menjaga pada kegiatan menjalankan ibadah puasa dengan menjelang idul fitri.

Kapolres Limapuluh Kota Haris Hadis dalam kesempatan itu juga menyampaikan, kerja sama masyarakat dengan kapolsek dan babinsa sudah berjalan baik.

Semua polisi saat ini melakukan siaga satu, mohon maaf karena saat semua kendaraan masyarakat tidak bisa masuk dilingkungan kantor Polres Limapuuh Kota dimasa siaga satu ini, ujarnya

Kapolres juga meminta agar siskamling mesti diaktifkan kembali ditengah masyarakat. Informasi soal narkoba, judi jekpot dilarang dalam beberapa kejadian sudah ditangkap dan diberi pembinaan, mudah-mudah tidak ada lagi.

Wagub Nasrul Abit serahkan bantuan di Masjid Istiqomah Lubuk Alai, Limahpuluh Kota. (Ist)


Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Asisten Pemerintahan Dedi Permana, menyampaikan, mendapat kehornatan kedatangan pak Wagub dan rombongan Tim Safari Ramadhan hadir di masjid Istiqomah Lubuak Alai dan masyarakat lubuak Alai sangat senang menerimanya.

Asri Dt Rajo Lelo, Walinagari Lubuak Alai, menyampaikan, Lubuak Alai salah satu dari 7 nagari di Kecamatan Kapur IX. Kendala yang tanpak hari ini oleh masyarakat ingin ada pembangunan infrastruktur jalan, pelebaran dan genase jalan serta normaliasi air dan badar dipinggir jalan.

Penyelenggaraan pendidikan di sekolah sangat kondusif, anak-anak dapat berlajar dengan baik. Sudah ada 2 SMA belum namun beluma ada SMK. Kami masyarakat telah menyediakan lahan tanah seluas 2 ha untuk mendirikan pembangunan SMK sesuai kebutuhan daerah dan anak-anak kami bisa bersekolah sesuai dengan bakat dan kemampuan diri untuk masuk pasar kerja nantinya, katanya.*