Pesisir Selatan kembangkan destinasi wisata gunung jantan-batino

id Gunung Jantino,pariwisata pesisir selatan

Pesisir Selatan kembangkan destinasi wisata gunung jantan-batino

Gunung Jantan dan Batino (Jantino) . (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan mengembangkan destinasi wisata Gunung Jantan dan Batino (Jantino) yang berada di Kecamatan Bayang Utara sebagai upaya memberikan pilihan berlibur bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

"Gunung Jantino memang baru dikenal sejak beberapa tahun terakhir namun keelokannya akan membuat siapa saja yang pernah menginjakkan kaki rindu untuk kembali ke sana," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Jumat.

Kendati demikian ungkapnya, sarana dan prasarananya memang belum memadai dan ke depan pemkab akan fokus ke arah itu.

"Kami akan mengupayakan di sana terdapat penginapan memadai, sehingga wisatawan bisa bermalam sebelum memulai pelbagai kegiatan," ungkapnya.

Terkait hal itu pihaknya membuka diri seluas-luasnya bagi investor yang tertarik menanamkan modalnya di lokasi.

Selain itu di lokasi, pihaknya juga berencana untuk menggelar iven seperti balapan motor trabas dan lain sebagainya.

"Even perlu dilaksanakan sehingga Gunung Jantino semakin dikenal melalui mereka-mereka yang mengikuti iven itu," sebutnya.

Bahkan pada peringatan hari ulang tahun kabupaten setempat yang ke-70 pada April 2018 iven balapan motor trabas di lokasi telah dilaksanakan yang diikuti oleh seribuan peserta.

Dan yang menarik kegiatan itu juga diikuti oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan pejabat kabupaten setempat.

Puncak Jantino merupakan satu dari beberapa destinasi wisata alam di Bayang Utara, di lokasi sepanjang hari diselimuti oleh kabut tipis serta hawanya cukup sejuk.

Selain itu di Bayang Utara juga terdapat objek wisata yang melegenda yaitu Jembatan Akar yang telah berumur seabad lebih, selanjutnya kawasan Negeri Di Atas Awan di Nagari Pancung Taba yang lengkap dengan rumah pohonnya dan lain sebagainya. (*)