Bazar murah untuk menstabilkan harga sembako jelang Ramadhan di Agam (Video)

id bazar murah

Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah Agam, Isman Imran (pakai peci) didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto meninjau lokasi bazar sembako murah di Pasar Impres Padang Baru Kecamatan Lubukbasung, Senin (14/5). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Kita menjual kebutuhan itu dengan harga tingkat petani, dan untuk biaya transportasi kita subsidi. Masyarakat dibatasi untuk membeli setiap kebutuhan pokok itu

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar bazar murah untuk menstabilkan harga sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) jelang Ramadhan 1439 Hijriah di Pasar Impres Padang Baru, Lubukbasung, Senin.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto di Lubukbasung, Senin, mengatakan bahan kebutuhan pokok yang dijual seperti beras kuruik kusuik sebanyak dua ton, telur ayam ras 20.000 butir, bawang merah 200 kilogram, cabai merah 200 kilogram, ayam potong 200 ekor, ikan laut, ikan air tawar, minyak goreng dan lainnya.

"Bazar ini terlaksana dengan adanya kerja sama dengan Bulog dan kelompok tani di daerah setempat," katanya.

Semua bahan kebutuhan pokok yang dijual di bawah harga pasar, karena pemerintah mensubsidi setiap jenis kebutuhan pokok sekitar Rp4 ribu sampai Rp8 ribu per kilogram.

Untuk harga cabai merah dijual Rp34 ribu per kilogram di bawah harga pasar yang mencapai Rp37 ribu perkilogram, bawang merah Rp27 ribu per kilogram sedangkan harga pasar Rp35 ribu per kilogram, telur 1.300 per butir harga pasar Rp1.500 per butir.

Harga beras lokal Rp11 ribu per kilogram harga pasar Rp13 ribu per kilogram, ayam potong Rp43 ribu per kilogram harga pasar Rp48 ribu per kilogram, gula pasir Rp12 ribu per kilogram harga pasar Rp13 ribu per kilogram.

Sementara minyak goreng Rp12,500 per kilogram harga pasar Rp14 ribu per kilogram, ikan nila Rp25 ribu per kilogram harga pasar Rp30 ribu per kilogram, ikan lele Rp18 ribu per kilogram harga pasar Rp25 ribu per kilogram.

Selain itu, beras Bulog Rp9.450 per kilogram, daging beku Rp80 ribu per kilogram.

"Kita menjual kebutuhan itu dengan harga tingkat petani, dan untuk biaya transportasi kita subsidi. Masyarakat dibatasi untuk membeli setiap kebutuhan pokok itu," katanya.

Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah Agam, Isman Imran menambahkan, ini bentuk kehadiran pemerintah ditengah-tengah masyarakat dalam menstabilkan harga pangan menjelang Ramadhan.

Dengan cara itu, harga kebutuhan pokok akan normal dan masyarakat Agam bisa menghadapi Ramadhan dengan baik.

"Kita akan menggelar bazar sembako murah apabila harga melonjak menjelang Idul Fitri," katanya.

Saat ini persediaan bahan kebutuhan pokok di daerah itu cukup selama Ramadhan sampai Idul Fitri.

Salah seorang warga Agam, Murni (47), mengatakan, bazar sembako murah yang digelar pemerintah sangat membantu masyarakat, karena harga yang dijual cukup murah.

"Bazar ini sangat membantu kami untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah," katanya.

Pihaknya berharap bazar ini digelar setiap hari selama Ramadhan, sehingga harga akan stabil dan masyarakat terbantu. (*)

Video: Yusrizal

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar