Unand Padang tuan rumah Forum Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (Forprossi) ke V

id sastra

Unand Padang tuan rumah Forum Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (Forprossi) ke V

Buku Sastra Indonesia. (Antara)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar menjadi tuan rumah Forum Prodi Bahasa dan Sastra (Forprossi) ke V 7 hingga 10 Mei 2018.

Ketua Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Unand Dr Gusdi Sastra, di Padang, Selasa mengatakan kegiatan ini menjadi pertemuan pakar, peneliti dan akademisi dari berbagai prodi bidang Bahasa Indonesia untuk merumuskan persoalan terkait bahasa kebanggaan ibu pertiwi tersebut.

Dia menyebutkan kegiatan ini terdiri atas presentasi secara paralel dengan beberapa panelis dari beberapa anggota Forprossi dari seluruh Indonesia.

Kemudian hari berikutnya ada penentuan rumusan kurikulum dan nomenklatur Bahasa Indonesia yang dilaksanakan selama satu hari.

Pada tema kegiatan ini yakni Program Sastra Indonesia, dulu, kini dan esok menampilkan beberapa makalah dari banyak peneliti andal.

Beberapa di antaranya Ciri Nomina dalam Bahasa Pakpak, Dialek Bahasa Taliabu, Leksikon Ragam Bahasa Gaul Kekinian Kajian Leksikologi, Framing Presiden Joko Widodo oleh Harian Kompas, dan Peran Sastra Dalam Membentuk Karakter Muda di Era Global.

Total ada lebih kurang 48 makalah yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut.

Pertemuan di Padang menjadi sambungan dari keputusan pertemuan keempat di Universitas Airlangga Surabaya 9 hingga 10 Mei 2017 yang diikuti oleh 30 Prodi Sastra Indonesia seluruh Indonesia. (*)