Padang Panjang berikan vaksin anti-rabies gratis hewan peliharaan masyarakat

id vaksin rabies

Pelepasan petugas yang akan memberikan vaksin anti-rabies gratis bagi masyarakat di Padang Panjang dan di dua kecamatan di Tanah Datar, Kamis (26/4). (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Ketika waktu yang sudah ditentukan dan ternyata belum banyak warga yang datang, tim akan datang langsung ke rumah warga satu persatu
Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), akan memberikan vaksin anti-rabies gratis bagi hewan peliharaan masyarakat yang akan dibagikan di 25 titik di daerah itu.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang, Wahid di Padang Panjang, Kamis, mengatakan daerah itu telah ditunjuk sebagai lokasi peluncuran kegiatan Minangkabau Bebas Rabies.

"Dibantu petugas medis dan dokter hewan dari kabupaten dan kota se-Sumbar, mereka akan menyebar ke 25 titik yang telah ditentukan untuk memberikan vaksin gratis bagi hewan milik masyarakat," katanya.

Selain 25 titik di Padang Panjang, vaksin juga disediakan di 14 titik dari dua kecamatan di Kabupaten Tanah Datar yang merupakan wilayah perbatasan dengan Padang Panjang.

Ia menerangkan Minangkabau Bebas Rabies merupakan langkah pemerintah provinsi menuju Sumbar bebas rabies 2020. Karena wilayah yang luas, maka langkah tersebut dimulai dengan pemberian vaksin difokuskan di satu wilayah terlebih dahulu.

Daerah yang dipilih, katanya, adalah wilayah dengan luas terkecil dan pemerintahnya telah punya program sendiri dalam mengendalikan rabies.

"Masing-masing daerah di Sumbar sebenarnya sudah punya upaya sendiri dalam mengendalikan rabies, namun agar lebih fokus maka dilakukan dulu di sini ditambah dua kecamatan di Tanah Datar karena memang posisinya dekat Padang Panjang," katanya.

Di titik-titik yang telah ditentukan para petugas berseragam biru akan menunggu masyarakat membawa hewan peliharaan untuk divaksin.

"Ketika waktu yang sudah ditentukan dan ternyata belum banyak warga yang datang, tim akan datang langsung ke rumah warga satu persatu," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius mengatakan, untuk menyukseskan Minangkabau Bebas Rabies, ia meminta setiap kepala daerah di Sumbar ikut menyebarkan informasi di kota dan kabupaten masing-masing mengenai pemberian vaksin bagi ternak.

"Masyarakat kita punya kecenderungan pelihara ternak terutama anjing dan kucing untuk menyalurkan hobi. Agar lebih aman, beri kekebalan tubuh bagi hewan dengan divaksin," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar