Sijunjung canangkan tanam padi serentak, guna tingkatkan produksi

id tanam padi

Sijunjung canangkan tanam padi serentak, guna tingkatkan produksi

Pencanangam gerakan tanam padi serentak di kelompok tani dengan jenis benih junjung. (Ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat mencanangkan gerakan tanam serentak padi sawah di luas lahan 25 hektare dengan jenis benih junjung, guna meningkatkan produksi pada 2018.

Pencanangan tanam serentak ini dilakukan pada areal sawah yang dikelola Kelompok Tani Batang Doto, Jorong Ambacang, Nagari Pulasan Kecamatan Tanjung Gadang.

Acara ini pada 16 April 2018 dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Ir. Ronaldi yang mewakili bupati, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Yulizar, BPTP Sumbar Heru Rahmoyo.

Kemudian wali Nagari Pulasan, Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Nagari Pulasan, Ketua Kelompok Tani Batang Doto, Mardisal beserta anggota dan Ketua Kelompok Tani yang ada di Nagari Pulasan.

"Melihat dari tingginya pertumbuhan penduduk pada saat ini, mengakibatkan bertambahnya kebutuhan pangan terutama di sektor pertanian", kata Ronaldi pada saat temu ramah dengan kelompok tani setempat.

Guna mengatasi permasalahan ini, ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sijunjung mengupayakan bagaimana produsi pertanian di daerah ini meningkat, salah satunya dengan menggunakan sistem Jajar Legowo yaitu menanam padi dengan bibit yang unggul seperti jenis Junjung seperti yang ditanam sekarang.

Hal itu sudah terbukti dari hasil yang di peroleh, bahkan bisa tiga kali lipat dari produksi biasanya.

"Pemerintah Kabupaten Sijunjung akan terus berusaha bagaimana agar daerah kita tidak kekurangan beras, salah satunya akan merubah pertanian kita dari petani tradisional menjadi petani yang modern,"ujarnya.

Oleh karena itu pemerintah melalui Dinas Pertanian telah menyediakan alat yang lebih modern, bagi kelompok tani yang belum memiliki alat tersebut bisa mengusulkan permohonan melalui Dinas Pertanian, tambahnya.***