5.780 UMKM beroperasi di Pesisir Selatan, meningkat 1.340 unit dari 2016

id Dinas Koperasi Pesisir Selatan

5.780 UMKM beroperasi di Pesisir Selatan,  meningkat 1.340 unit dari 2016

Kantor Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Secara keseluruhan UMKM ini menyebar di 15 kecamatan di Pesisir Selatan
Painan, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 5.780 unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) beroperasi di Kabupaten Pesisir Selatan pada 2018, Sumatera Barat atau meningkat 1.340 unit dibandingkan 2016 yang hanya 4.440 unit.

Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian setempat, Azral di Painan, Rabu, menjelaskan dari ribuan UMKM itu, 3.504 unit merupakan usaha mikro, 2.170 usaha kecil, dan menengah 106 unit.

"Secara keseluruhan UMKM ini menyebar di 15 kecamatan di Pesisir Selatan," katanya.

Ia menambahkan pelbagai upaya dilakukan agar UMKM mampu meningkatkan perekonomian pemilik dan juga anggotanya di antaranya dengan melakukan pelatihan, hingga menginformasikan pelbagai program bantuan modal usaha dari pemerintah.

"Saat ini program Kredit Usaha Rakyat atau KUR sedang gencar-gencarnya kami informasikan karena dengan bunga yang hanya tujuh persen tentu akan sangat membantu," katanya lagi.

Selain itu pihaknya saat ini juga sedang mendata pelaku UMKM dan selanjutnya memasukkan profil hingga prospeknya di Sistem Informasi Kredit Program.

Dengan sistem itu maka pihak perbankan akan lebih mudah mengetahui letak, jenis usaha dan informasi lainnya terkait sebuah UMKM.

"Jadi perbankan lebih mudah melakukan penjajakan terhadap UMKM yang akan dijadikan nasabah, ini semacam rekomendasi dari kami," sebutnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga membuka diri terhadap pemilik UMKM yang ingin berkonsultasi seputar perkembangan usahanya, mulai dari pengemasan, pemasaran hingga permodalan.

"Dengan jumlah pegawai yang terbatas kami menyadari tidak akan mampu menyentuh seluruh UMKM dan kami membuka diri bagi pemilik UMKM yang ingin berkonsultasi," ujarnya. (*)