Keraton siap jaga NKRI, kata Sultan Cirebon

id bendera indonesia

Keraton siap jaga NKRI, kata Sultan Cirebon

Ilustrasi bendera Indonesia. (ANTARA)

Cirebon, (Antaranews Sumbar) - Sultan Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Jawa Barat, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengatakan siap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Keraton-keraton siap menjaga NKRI dan kami sangat terkejut dengan pernyataan yang menyebutkan 2030 Indonesia bubar," kata Arief di Cirebon, Minggu.

Menurut Sultan, adanya pernyataan itu merupakan salah satu ciri kurangnya rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya, sehingga bisa membuat orang itu cuek atau putus asa.

Selain itu, tambah Sultan, sebagai seorang yang beragama dilarang untuk putus asa dan seharusnya melakukan ikhtiar serta doa yang baik.

"Sebagai warga Negara Indonesia tentu harus mencintai bangsa dan negaranya dan ketika luntur cinta bangsa dan negaranya akan ada dua alternatif yaitu cuek dan putus asa," ujarnya.

Untuk itu semua warga negara harus menjaga kesatuan NKRI ini, karena adanya NKRI ini merupakan bentuk perjuangan dari para pahawan dengan mengorbankan jiwa dan raga.

Sehingga semua perlu menghormati dan menjaga apa yang sudah para pahlawan perjuangkan, jangan sampai melontarkan pernyataan yang putus asa dan tidak ada landasannya.

"Mari kita optimis jaga persatuan dan kesatuan serta fokus membangun bangsa, negara menuju keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.*