Menteri Agama minta mahasiswa rawat gedung baru IAIN Batusangkar (Video)

id IAIN Batusangkar

Menteri Agama minta mahasiswa rawat gedung baru IAIN Batusangkar (Video)

Mentwri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin didampingi Rektor IAIN Batusangkar, Kasmuri (kiri), Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma (kanan) menandatangani prasasti peresmian gedung baru IAIN Batusangkar, Jumat (23/3). (Antara Sumbar / Syahrul R.)

Gedung baru ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung IAIN untuk menyiarkan nilai-nilai keislaman
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin meresmikan penggunaan gedung baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Sumatera Barat yang akan dipergunakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Dalam sambutannya di Batusangkar, Jumat, Lukman Hakim meminta agar segenap civitas akademika, terutama mahasiswa dapat memanfaatkan dan merawat gedung yang telah dibangun tersebut.

"Rawatlah gedung ini agar dapat dimanfaatkan hingga generasi yang akan datang," katanya.

Ia menyebutkan, keberadaan gedung ini harus disyukuri oleh seluruh mahasiswa, oleh karenanya mahasiswa diminta untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Aktivitas yang positif dengan tujuan untuk memberikan kemaslahatan terhadap umat diharapkan dapat memberikan jiwa terhadap gedung tersebut.

Selain itu ia mengatakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) merupakan salah satu wadah untuk menyampaikan nilai-nilai keislaman kepada masyarakat.

"Gedung baru yang dimanfaatkan oleh FEBI ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung IAIN untuk menyiarkan nilai-nilai keislaman," kata dia.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar, Kasmuri mengatakan pembangunan gedung baru tersebut telah menelan biaya sebesar Rp32 miliar rupiah.

Menurutnya biaya tersebut berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kementerian Agama untuk penganggaran tahun 2017.

Ia menambahkan, dalam tahun ini juga akan dilakukan pembangunan gedung untuk Fakuktas Syariah dengan biaya sebesar Rp35,8 miliar yang juga berasal SBSN Kementerian Agama tahun anggaran 2018.

"Selain dilengkapi oleh berbagai prasarana seperti labor, ruang ibadah, ruang belajar, kantor dan lain sebagainya, gedung baru ini juga dilengkapi dengan tangga ramah disabilitas," katanya. (*)

Video: Syahrul Rahmat