Pemkab Pasaman Barat ajak masyarakat manfaatkan pekarangan rumah

id Cabai

Pemkab Pasaman Barat ajak masyarakat manfaatkan pekarangan rumah

Ilustrasi cabai di pekarangan rumah.(ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam berbagai macam tanaman yang bermanfaat.?

"Benar, masyarakat harus mampu memanfatakan halaman pekarangan rumah untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Minggu (18/3).

Ia mengatakan tanaman seperti sayur, buah dan kebutuhan dapur lainnya bisa ditanam dan dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari--hari. Termasuk memelihara ternak seperti itik dan ayam karena telurnya bisa dimanfaatkan," ujarnya.

Ia menilai dengan memanfaatkan tanaman di pekerangan rumah bisa menghemat pengeluaran keluarga sehingga uangnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

"Artinya jika kebutuhan rumah bisa diambil dari pekarangan rumah maka ketahanan pangan keluarga akan terjaga dan mandiri," sebutnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran mengatakan terus mendorong masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai macam tanaman dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga.

"Mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya. Kami juga telah memberikan bantuan tanaman lengkeng dan lainnya di setiap kecamatan,"harapnya.

Kepala Dinas Pangan Pasaman Barat, Sukarli mengatakan upaya yang dilakukan dalam rangka mandiri pangan adalah dengan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah menanam dengan beragan sayuran, buah dan memelihara ternak.

Ia mengatakan saat ini ada sekitar 500 kepala keluarga di Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan yang memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam beragam sayur dan buah.

"Sesuai arahan maka kita juga akan mengembangkan tanaman nenas yang sangat potensi dikembangkan di Desa Baru selain tanaman sayur dan buah lainnya," ujarnya.