ICoSHR rekomendasikan tes kebugaran bagi siswa SD

id ICoSHR

ICoSHR rekomendasikan tes kebugaran bagi siswa SD

Wakil Rektor Universitas Negeri Padang Prof Syahrial Bakhtiar (empat dari kanan) bersama pembicara di International Conference On Sports Science, Health and Recreation (ICoSHR) yang digelar di Auditorium UNP pada 14-15 Maret 2018. (Ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - International Conference On Sports Science, Health and Recreation (ICoSHR) yang digelar di Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat merekomendasikan tes kebugaran fisik bagi siswa sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan motorik anak.

"Selama ini sekolah dasar belum menganggap pendidikan jasmani ini penting sehingga mengabaikan keterampilan motorik, perilaku sehat dan latihan teratur," kata Wakil Rektor IV UNP Prof lV Syahrial Bakhtiar dalam penutupan ICoSHR di Padang, Kamis.

Menurutnya apabila ingin anak bangsa Indonesia bersaing dengan negara-negara maju di dunia perlu dilakukan tes kebugaran fisik bagi siswa sekolah dasar.

"UNP sebagai lembaga pendidikan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi guru pendidikan jasmani disetiap jenjang pendidikan," ujar dia.

Namun program aktivitas fisik di tingkat sekolah dasar belum mendapat perhatian dari pemerintah, jika anak Indonesia ingin hebat tes kebugaran di sekolah harus dilakukan.

"Hasil dari Konferensi Internasional Ilmu Keolahragaan, Ilmu Kesehatan dan Rekreasi menyarankan agar hal ini menjadi perhatian bersama sehingga anak dapat tumbuh secara optimal," ujar dia.

Ia mengatakan penerapkan metode yang paling efektif untuk pembelajaran pendidikan jasmani adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan motorik peserta didik.

"Sebaiknya program pendidikan jasmani disertai rapor dan pengontrolan kebugaran siswa," tambah dia.

Sementara Prof Jacquelin Goodway dari The Ohio State University menyarankan sekolah-sekolah mesti menerapkan Instruksi Sukses Kinelyetic untuk anak-anak pra sekolah.

"Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan program ini telah berhasil meningkatkan kemampuan motorik siswa serta membuat anak-anak Indonesia sehat dan bugar," ujar dia.