Perempuan berperan sukseskan pemilu

id Panwaslu Dharmasraya

Perempuan berperan sukseskan pemilu

Ketua Panwaslu Kabupaten Dharmasraya, Laila Husni menyampaikan materi dalam sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi perempuan, di Hotel Sakato Jaya, Pulau Punjung, Kamis (15/3). (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Paswaslu) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menyampaikan kaum perempuan memiliki peranan penting dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu serentak 2019.

Ketua Panwaslu Dharmasraya, Laila Husni, di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan keberadaan perempuan pada posisi penting di lingkungan masyarakat yang diyakini mampu mempengaruhi suksesnya pemilu yang berintegritas.

"Perempuan sudah menjadi unsur berpengaruh di lingkungan masyarakat, banyak memiliki kedudukan penting seperti di organiasi pemerintah, adat, dan perusahaan, sehingga kami pandang perempuan juga perpanjangan tangan panwaslu yang harus dibekali," ujarnya.

Oleh karena itu sekitar 50 perempuan dari pelbagai perwakilan organisasi mengikuti sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi perempuan.

Ia mengatakan melalui sosialisasi peserta diberi pemahaman, pengetahuan tentang kepemiluan serta menyakini perempuan dapat berperan untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi 2019.

"Di samping pengawas pemilu yang telah ditetapkan seperti Panwascam, perempuan hari ini merupakan pilihan tertentu yang diberi pembekalan," ujarnya

Menurutnya momen sosialisasi dapat menjadi wadah bagi peserta untuk mengikuti perkembangan politik, selain itu juga memposisikan diri sebagai bagian dari demokrasi.

"Jadi, banyak peran yang dapat dimainkan kaum perempuan. Karena itu kegiatan ini penting dilaksanakan," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sosialisasi, Reda Akmal, menyebutkan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi perempuan berlansung satu hari. Narasumber dari Bawaslu Provinsi Sumbar, Almi, dan komisioner Panwaslu Dharmasraya Laila Husni, Syamsurizal, Alde Rado.

"Narasumber menyampaikan materi sesuai bidangnya. Mudah-mudahan peserta dapat mengikuti acara dengan baik," tambahnya.