Ketua Bawaslu Dharmasraya : panwaslu yang baru dilantik langsung bekerja

id Bawaslu Dharmasraya

Ketua Bawaslu Dharmasraya : panwaslu yang baru dilantik langsung bekerja

Ketua Bawaslu Subandiyono (kanan) saat melakukan penandatanganan Beritasumbar acara pelantikan Anggota Panwaslu Kecamatan, di Pulau Punjung, Sabtu (25/5). (Antara/Ilka Jensen) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Ketua Bawaslu Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Subandiyono mengatakan 33 anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik akan lansung bekerja mengambil alih tugas Bawaslu Kabupaten dalam hal perekrutan Panwaslu Kelurahan Desa (PKD).

"Tahap wawancara akan dilakukan teman-teman kecamatan 27 sampai 28 Mei 2024. Panwaslu kecamatan dilantik dan mengikuti pembekalan pada 25-26 Mei. Artinya, tidak ada waktu jedah untuk melaksanaka tahapan pilkada," katanya, di Pulau Punjung, Sabtu.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Bawaslu Subandiyono, saat memberi sambutan dalam pelantikan 33 anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Serentak Nasional 2024. Dihadiri anggota Alde Rado dan Maradis.

Ia menjelaskan, proses rekrutmen PKD sebelumnya diambil alih bawaslu kabupaten mengingat Panwaslu Kecamatan belum terbentuk. Proses tahapan penerimaan berkas hingga pengumuman administrasi dilaksanakan di tingkat kabupaten, sedangkan tahap wawancara dilakukan di kecamatan.

Ia mengatakan 33 anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik merupakan hasil evaluasi kinerja yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Dharmasraya. Akumulasi penilaian portofolio dan penilaian atasan keseluruhan anggota panwaslu yang bertugas pada Pemilu kemarin dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan kembali.

"Dharmasraya bersama Kota Pariaman merupakan dua daerah yang tidak melakukan seleksi terbuka panwaslu kecamatan untuk pilkada serentak 2024 dari 19 kabupaten kota," ujarnya.

Ia mengemukakan sesuai juknis Bawaslu RI proses rekrutmen Panwaslu Kecamatan dilakukan dengan dua metode, yakni exiting atau evaluasi kinerja dan seleksi terbuka.

Ia menjelaskan Bawaslu Dharmasraya berpesan kepada Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik agar segera melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder. Bawaslu juga mengingatkan agar selalu menjaga kekompakan.

"Dan tingkatkan kinerja, yang sudah bagus dipertahankan, dan yang kurang agar ditingkatkan. Namun, yang paling penting dalam bertugas teman-teman panwascam harus berpedoman kepada regulasi, untuk itu tingkatkan pemahaman regulasinya," ujarnya.

Sementara, Kasat Intel Polres Dharmasraya AKP Rajulan menyampaikan selamat atas dilantiknya anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Serentak 2024.

Ia mengatakan Polres Dharmasraya dan jajaran menyatakan siap berkolaborasi dengan seluruh pihak termasuk Bawaslu dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu yang jujur, adil, dan aman.

"Kami juga minta ke seluruh stakeholder untuk secara bersama menjaga situasi kamtibmas selama tahapan Pemilu Serentak Nasional 2024 di Dharmasraya," ujarnya.