UNP upayakan jadi kampus pendidikan unggulan di Asean

id Ganefri

UNP upayakan jadi kampus pendidikan unggulan di Asean

Rektor UNP, Ganefri. (Antara)

Target kami dapat menampung mahasiswa dari Asia Tenggara dan mampu menciptakan guru berkompeten se ASEAN
Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumbar mengupayakan menjadi salah satu kampus untuk pendidikan dasar dan menengah unggulan di ASEAN.

"Target kami dapat menampung mahasiswa dari Asia Tenggara dan mampu menciptakan guru berkompeten se ASEAN, " kata Rektor UNP Ganefri di Padang, Senin.

Dia menyebutkan beberapa hal yang akan didorong ke arah itu antara lain perbaikan sistem pendidikan tinggi, penguatan sumber daya pengajar, mahasiswa serta penguatan sarana prasarana.

Kesemuanya akan terhimpun dalam tiga Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Khusus sebagai salah satu kampus pendidikan terbesar di Sumbar, hal yang akan didorong penguatan Fakultas Ilmu Pendidikan dan fakultas lain yang mengakomodasi pendidikan lain seperti kejuruan di Teknik, olahraga.

Seperti mengejar dan mempertahankan akreditasi yang saat ini hampir 96 persen sudah terakreditasi A dan B di seluruh fakultas yang berjumlah delapan fakultas.

Untuk menuju internasional tersebut pihaknya melakukan reformasi birokrasi di segala aspek yakni manajemen, tata kelola, strategi pengembangan dan pembelajaran.

Salah satu yang akan diperkuat yakni pemanfaatan teknologi di semua aspek tersebut.

Sebab untuk dapat masuk jajaran kampus internasional penguasaan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan menjadi acuan.

Di samping teknologi agar UNP dapat mencapai kelas ASEAN, mahasiswa yang masuk dapat beragam.

Sebagai gambaran tahun lalu 60 persen mahasiswa jalur undangan SNMPTN 2017 berasal dari luar Sumbar.