Unand siap tampung 5.356 mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019

id Tafdil Husni

Unand siap tampung 5.356 mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019

Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni. (ANTARA SUMBAR/MR Denya Utama)

Pada dasarnya daya tampung tidak berbeda dari tahun sebelumnya, tinggal realisasi di lapangan berdasarkan proses seleksi
Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar akan menampung sebanyak 5.356 orang dari tiga penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019.

"Pada dasarnya daya tampung tidak berbeda dari tahun sebelumnya, tinggal realisasi di lapangan berdasarkan proses seleksi," kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan pada tahun ini Unand akan membuka daya tampung untuk jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 1.635 orang mahasiswa atau 30 persen dari kuota yang ada.

Kemudian untuk jalur tulis dan komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan ditampung sebanyak 2.138 mahasiswa atau 40 persen dari jumlah daya tampung keseluruhan.

Sedangkan jalur mandiri tulis akan ditampung sebanyak 1.583 mahasiswa atau 30 persen dari kuota.

"Selain menyiapkan daya tampung, tahun ini juga masih ada beasiswa bidik misi yang kuotanya masih menunggu," kata dia.

Saat ini sedang proses pendaftaran untuk SNMPTN yang pengumumannya dilaksanakan 17 April 2018 dan penyerahan berkas pada 8 Mei 2018.

Sementara SBMPTN akan dibuka pendaftarannya pada 5 hingga 27 April 2018 dan ujian tertulisnya akan dilaksanakan 8 Mei 2018.

Sedangkan pengumuman kelulusannya pada 3 Juli 2018 secara dalam jaringan mulai pukul 17.00 WIB.

Untuk SBMPTN ini Unand akan melaksanakan ujian dengan tulisan dan sistem komputer dalam jaringan.

"Usai SBMPTN akan dibuka jalur mandiri yang kemungkinan pelaksanaannya sama seperti tahun lalu dengan beberapa universitas," ujar dia.

Satu hal yang perlu diperhatikan kata Tafdil, bagi calon mahasiswa harus tepat dalam memilih program studi, berdasarkan minat, kemampuan dan rekam prestasi.

Hal ini penting untuk kemajuan dan pengembangan prestasi kelak saat menempuh kuliah. (*)