Menristekdikti setarakan diploma IV dengan sarjana

id Mohamad Nasir

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir. (cc)

D IV itu sarjana terapan dan sejajar dengan lulusan sarjana akademik, jadi lulusan politeknik jangan dimarjinalkan
Makasar, (Antranews Sumbar) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan lulusan Diploma IV setara dengan sarjana (S1), hal itu disampaikan pada kunjungannya ke Politeknik Ujung Pandang, Makasar pada Kamis.

"D IV itu sarjana terapan dan sejajar dengan lulusan sarjana akademik, jadi lulusan politeknik jangan dimarjinalkan," kata Mohamad Nasir.

Dia mengatakan lulusan Diploma IV memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan lulusan S1, antara lain lulusan vokasi memiliki sertifikasi sesuai dengan kompetensinya.

Mohamad Nasir menyoroti pandangan beberapa instansi dan dunia usaha yang masih beranggapan bahwa lulusan pendidkan politeknik Diploma IV tidak setara dengan sarjana akademik. Akibatnya lulusan Diploma IV mengalami kesulitan di dunia kerja.

Untuk itu, Kemenristekdikti telah mengirimkan surat kepada berbagai instansi baik Instansi Pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun pihak Swasta yang menyatakan lulusan Diploma IV setara dengan lulusan Sarjana Akademik.

Menristekdikti menyatakan bahwa saat ini Kemenristekdikti tengah fokus dalam melakukan revitalisasi politeknik, mulai dari revitalisasi kurikulum, penguatan kapasitas dan kapabilitas dosen hingga kompetensi mahasiswa.

Kurikulum politeknik dirancang dengan skema 3-2-1, 3 semester di kampus, 2 semester di industri, 1 semester di kampus/industri untuk menyelesaikan tugas akhir.

Diharapkan dengan skema ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi.

"Saya berharap lulusan politeknik menjadi `pemain tengah dalam penyiapan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi," kata Mohamad Nasir. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar