Satu-satunya Kabupaten, Pesisir Selatan Raih Adipura 2017

id #Piala Adipura #Pesisir Selatan

Satu-satunya Kabupaten, Pesisir Selatan Raih Adipura 2017

Bupati Pesisir Selatan Hendrajhoni menerima Piala Adipura 2017 (c)



Painan, - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerima Piala Adipura 2017 karena dinilai berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

"Berhasilnya Kabupaten Pesisir Selatan menyabet Piala Adipura merupakan keberhasilan bersama baik jajaran pemerintah kabupaten dan juga masyarakat," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Kamis.

Tanpa adanya dukungan dari masyarakat tentu Piala Adipura tidak bisa kita raih dan begitu juga sebaliknya, kata purnawirawan polisi berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) itu.

Ia mengajak masyarakat serta jajaran aparatur pemerintah kabupaten setempat menjadikan momentum penerimaan Piala Adipura sebagai pemacu dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang lebih baik kedepannya.

Apalagi, ujarnya daerah setempat sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata tentu kebersihan dan pengelolaan lingkungan harus sejalan dengan hal itu.

Ia juga menginginkan aparatur serta masyarakat tidak bosan-bosannya melakukan kebaikan dan bekerja keras karena lambat laun upaya tersebut akan mendatangkan hasil yang positif.

"Kita tidak sia-sia menjaga kebersihan serta mengelola lingkungan perkotaan karena terjawab dengan diterimanya Piala Adipura namun jauh dari apapun yang kita lakukan harus ikhlas jika orang tak menilai Tuhan pasti mengetahuinya dan akan membalasnya dengan kebaikan pula," katanya.

Usai menerima Piala Adipura secara simbolis di Jakarta pada Rabu (2/8) malam, Kamis (3/8) sekitar jam 09.15 WIB Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan rombongan mendarat Bandara Internasional Minangkabau.

Selanjutnya sekitar pukul 09.45 WIB piala mulai diarak dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Kota Painan melewati Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang- Jalan Sudirman Kota Padang - Simpang Teluk Bayur oleh Bupati dan juga Ketua DPRD setempat.

Seterusnya sekitar jam 10.30 WIB rombongan sampai di perbatasan kabupaten dan disambut oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan pejabat daerah setempat.

Sekitar Pukul 11.00 WIB rombongan melewati Pasar Tarusan-Pasar Baru-Sago dan Salido dan disambut pelajar SD di sepenjang jalan itu.

Sesampainya di Kota Painan sebagai ibu kota kabupaten, Piala Adipura langsung diarak keliling di kota kecil nan indah itu.

Pada saat arak-arakan berlangsung wajah gembira tidak bisa disembunyikan baik oleh Bupati serta jajaran aparatur pemerintah, begitu juga dengan masyarakat dan ratusan pelajar yang ikut memeriahkan kegiatan itu.

Kabupaten Pesisir Selatan merupakan satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat yang menerima Piala Adipura sementara peraih Piala Adipura lainnya adalah Kota Bukittinggi, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kota Payakumbuh dan Kota Padang Panjang. (Adv).