Pasar Tandikek Padangpariaman Dilahap Si Jago Merah

id Kebakaran

Pasar Tandikek Padangpariaman Dilahap Si Jago Merah

Ilustrasi kebakaran (Antara)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pasar Tandikek, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat dilahap si jago merah pada Sabtu sekitar pukul 19.00 WIB yang diduga disebabkan oleh arus pendek listrik.

"Setidaknya ada delapan kedai yang terbakar dan beberapa di antara dihuni oleh warga," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Padangpariaman, Rianto di Parit Malintang, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya mendapat informasi dari warga dan anggota DPRD setempat sehingga dirinya mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran serta dibantu mobil pamadam dari Padangpanjang.

Ia menyebutkan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB namun anggota pemadam kebakaran kembali ke markas sekitar pukul 22.00 WIB karena harus mendinginkan wilayah sekitar dengan terus menyiramkan air.

Pihaknya menduga kebakaran tersebut disebabkan oleh arus pendek listrik karena kesadaran masyarakat terhadap penggunaan peralatan kelistrikan masih kurang.

"Bahkan kebakaran di Padangpariaman sebagian besar disebabkan oleh arus pendek listrik," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau warga agar menggunakan peralatan kelistrikan yang kualitasnya terjamin serta menggantinya secara berkala.

Ia mengatakan kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa sedangkan kerugian materil belum bisa dipastikan.

"Karena mendengar ada kebakaran Wakil Bupati langsung memantau ke pasar itu guna melihat warga yang menjadi korban," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Dinas Sosial juga menuju ke lokasi guna memberikan bantuan untuk warga yang menjadi korban. (*)