Telkom Sumbar Siap Dukung Pelaksanaan UNBK 2017

id UNBK

Telkom Sumbar Siap Dukung Pelaksanaan UNBK 2017

Ilustrasi, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan kesiapannya mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 dengan mengupayakan jaringan internet yang stabil selama ujian.

Account Manager Witel Sumbar, Erlina di Padang, Jumat, mengatakan pelaksanaan UNBK membutuhkan jaringan yang stabil, sehingga Telkom merasa perlu memfasilitasi sekolah demi mendapatkan jaringan internet tanpa gangguan.

"Telkom sudah menjalin kerja sama dengan beberapa sekolah yang siap dalam pelaksanaan UNBK tahun ini," kata dia.

Pihaknya juga telah mengadakan gathering dengan mengundang kepala sekolah, dan operator IT masing-masing sekolah, dengan penjelasan mengenai kesiapan Telkom mendukung pelaksanaan UNBK 2017 dalam hal jaringan internet.

Ia menyebutkan sekolah yang siap melaksanaan UNBK di Sumbar dan sudah berlangganan internet Telkom, lebih kurang 35 sekolah dengan rata-rata menggunakan jenis layanan ASTINET.

Di Kota Padang bahkan telah membentuk suatu komunitas SMA/SMK yang bergabung dengan Telkom dan dimasukkan dalam satu grup yang terdiri dari tim teknisi, operator IT, kepala sekolah dan pihak terkait.

"Jadi nanti mereka saling berkoordinasi apa saja yang menjadi kendala selama ujian maupun selama simulasi," katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Padang, Ramson mengatakan rata-rata sekolah di Kota Padang menggunakan jaringan Telkom dalam pelaksanaan UNBK.

"Dengan menggunakan Telkom bisanya tidak terjadi masalah jaringan dalam pelaksanaan ujian," ujarnya.

Pelaksanaan ujian nasional pada tingkat SMK akan dilaksanakan pada 3 hingga 6 April 2017 sedangkan tingkat SMA akan dilaksanakan pada 10 hingga 13 April 2017.

Sementara pelaksanaan UNBK untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) untuk gelombang pertama pada 2, 3, 4 dan 15 Mei, sementara gelombang dua 8, 9, 10 dan 16 Mei 2017. (*)