Pengamat: Pemerintah Perlu Dorong Industri Daerah

id Werry Darta Taifur

Pengamat: Pemerintah Perlu Dorong Industri Daerah

Werry Darta Taifur.

Padang, (Antara Sumbar) - Pengamat bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Prof Dr Werry Darta Taifur mengatakan pemerintah perlu mendorong perkembangan industri di daerah agar berperan dalam percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Banyak daerah yang pertumbuhan ekonominya lambat, sebagian besar karena lemahnya perkembangan industri skala besar," kata dia, di Padang, Rabu.

Dia mengatakan contohnya di Sumbar, masih stagnan atau berjalan ditempat pertumbuhan ekonomi setempat karena di tidak memiliki industri berskala besar.

Sebagian besar merupakan perusahaan yang bukan induk dan dimiliki asing atau orang daerah lain, akibatnya tidak memberikan pengaruh kepada pemasukan daerah.

Secara perlahan memang ada industri kecil dan menengah namun tidak banyak, bahkan pariwisata yang terus didengungkan belum masuk dalam industri.

"Perlu strategi lain untuk memperkuat perkembangan industri tersebut," kata dia.

Dia mengatakan hal yang pertama menyediakan sarana prasarana dan memfasilitasi beberapa pelatihan atau pembinaan untuk wirausahawan.

Langkah yang dilakukan pemerintah dengan membina masyarakat untuk membuka usaha secara mandiri harus ditunjang dengan pemenuhan sarana dan selalui diawasi hingga menjadi industri kecil menengah.

Kemudian yang kedua memperkuat industri kecil dan menengah yang ada, salah satunya memfasilitasi penyediaan pasar atau investor.

"Hal ini dilakukan secara berkelanjutan beserta evaluasi pada waktu tertentu," katanya.

Dengan catatan produk yang masuk industri berbau kearifan lokal dan penting di daerah tersebut. Bila ini dapat konsisten dan berkembang akan membantu pemasukan di daerah.

"Masih banyak daerah lain yang sama seperti Sumbar ini juga perlu jadi perhatian baik pusat atau daerahnya," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Padang Junisman mengatakan industri kecil bisa menjadi cikal bakal munculnya industri besar.

Salah satu yang bisa dilakukan dengan membina dan mengarahkan wirausahawan pada orientasi kompetisi pasar.

"Dengan ini pengusaha tidak lengah dan akan serius dalam mengelola usahanya," kata dia. (*)