Pakar : Tiga Prinsip Capai SDGs

id Werry Darta Taifur, SDGs

Pakar : Tiga Prinsip Capai SDGs

Werry Darta Taifur.

Padang, (Antara Sumbar) - Pakar Ekonomi Pembangunan Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Prof Dr Werry Darta Taifur mengatakan terdapat tiga prinsip untuk mencapai pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Ketiga prinsip tersebut yakni universal atau keseluruhan, integrasi dan transformasi," ujarnya, di Padang, Jumat.

Menurutnya SDGs lebih pada konsep ekonomi hijau yang artinya meningkatkan perekonomian dengan mempertimbangkan keadaan lingkungan.

Universal tersebut artinya menyeluruh dengan melibatkan semua unsur, bila pada satu negara perlu seluruh unsur dan elemen masyarakat untuk mendukung terciptanya pembangunan itu.

Seperti di Indonesia mulai dari pemerintah hingga masyarakat memiliki persepsi yang sama terhadap SDGs tersebut.

"Integrasi mengandung arti menyatu dengan segala unsur," tambahnya.

Sebagai contoh di Indonesia membutuhkan penyesuaian peraturan yang berlaku dengan tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut.

Apabila hal ini tidak dilakukan SDGs akan mengikuti jejak pendahulunya MDGs yang dinilai gagal di Indonesia.

"Bila kedua prinsip tersebut telah terakomodasi barulah dilakukan transformasi atau perubahan di segala aspek," jelasnya.

Perubahan ini mencakup tujuan dalam target ekonomi, program pembangunan prioritas dan lain sebagainya.

"Tetap memperhitungkan aspek lingkungan dan masyarakat, tiga prinsip tersebut menjadi prioritas kesuksesan SDGs," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan SDGs memang menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia namun ia yakin dapat dilaksanakan di Indonesia.

Mengingat hal ini sejalan dengan visi pembangunan Indonesia dan sudah tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 hingga 20019. (*)