Kapolres Imbau Masyarakat Kurung Ternak Saat TdS

id masyarakat Kurung ternak Saat TDS

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Dharmasraya, Sumatera Barat AKBP Lalu Muhammad Iwan Mahardan mengimbau masyarakat daerah itu supaya tidak melepas hewan ternak jenis apapun saat kejuaraan ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS), pada 12 Agustus 2016.

"Ini untuk kelancaran dan keamanan pelaksanaan acara," kata Iwan di Pulau Punjung, Sabtu.

Kapolres meminta seluruh aparatur pemerintah nagari (desa adat) agar dapat menyosialisasikan terkait imbauan tersebut kepada masyarakat, agar tidak melepaskan hewan ternak sampai acara berakhir pukul 12.00 WIB.

Menurut dia, saat pemetaan pengamanan TdS daerah itu, ternak masyarakat diyakini dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan TdS jika tidak diantisipasi.

"Iya namanya hewan (binatang) tidak dapat kita atur, hewan kapan saja ingin melintas di jalan raya, kita tidak dapat prediksi itu," katanya.

Meski demikian, kata dia, personel gabung dari Polri, TNI, Satpol-PP, BPBD, akan disiagakan untuk pengamanan pebalap saat melalui lintasan Dharmasraya.

"Pengamanan itu kunci penting dalam setiap pelaksanaan acara, bagaimanapun bagusnya konsep suatu acara jika pengamanan tidak maksimal semua akan kacau," tambahnya.

Pihaknya mengiformasikan, jalan Lintas Sumatera dari perbatasan Kabupaten Sijunjung-Dharmasraya hingga Simpang Empat Koto Baru, akan diberlakukan penutupan mulai pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, Pemerintah setempat menyampaikan etape VII akan memulai start di Kabupaten Sijunjung pukul 08.00 WIB, dan diperkirakan finis di Sport Center Kabupaten Dharmasraya pukul 11.30 WIB.

"Keputusan ini berdasarkan hasil rapat bersama pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika, Pariwisata, dan Budaya Akrial.

Pebalap akan menempuh perlintasan di Kabupaten Dharmasraya dengan jarak 62,3 kilometer dari keseluruhan total 133,6 kilometer pada etape VII balap sepeda Internasional ini.

Berikut beberapa nagari (desa adat) yang akan dilalui pebalap pada TdS tahun ini, di antaranya, Sungai Kambut, Kantor Bupati Dharmasraya, Sungai Dareh.

Simpang Sikabau, Koto Tuo, Sitiung, Koto Padang Dalam, Sialang Gaung, Simpang Tiga Koto Baru, Pasar Koto Baru, Simpang Empat Koto Baru, Koto Padang Luar, dan finish di Sport Center. (*)