Puncak Mudik di Pariaman Diperkirakan Senin - Selasa

id puncak, mudik, pariaman

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pariaman, Sumatera Barat, (Sumbar), Yota Balad memperkirakan puncak arus mudik di daerah itu pada Senin hingga Selasa.

"Kami memprediksi puncak arus mudik dua hari, namun sejumlah kendaraan roda empat maupun sepeda motor sudah mulai padat di Kota Pariaman," katanya di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan pantauan di Terminal Jati, Kecamatan Pariaman Tengah, dan di beberapa titik lainnya umumnya kendaraan didominasi oleh masyarakat yang menggunakan sepeda motor.

"Kendaraan roda dua memang masih paling dominan pada arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah," ujarnya.

Balad menyebutkan selain didominasi oleh kendaraan roda dua, umumnya kendaraan juga paling banyak berasal dari Pulau Jawa dan Kota Penkanbaru.

Memasuki H-2 di sejumlah jalan utama di kota itu belum terjadi kemacetan yang signifikan akibat arus mudik lebaran.

"Memang belum terjadi kemacetan arus mudik, namun di sejumlah Pasar Tradisional sudah mulai dipadati oleh masyarakat setempat beberapa hari terakhir sehingga pengaturan lalu lintas kita optimalkan bersama aparat kepolisian," jelasnya.

Untuk titik kemacetan sendiri, pihaknya memperkirakan terjadi di beberapa titik seperti Tugu Simpang Tabuik, Kecamatan Pariaman Tengah, di Sekitar Kantor Bupati Padangpariaman yang lama, dan di Lapangan Merdeka.

Antisipasi awal sendiri sudah dilakukan oleh aparat gabungan yang terdiri dari Polres Kota Pariaman, dan pemerintah setempat dengan menyiagakan sejumlah anggota sekaligus mendirikan Posko Ramadniya 2016.

"Personel gabungan memang sudah kami siagakan, namun jika terjadi kemacetan di luar dugaan rekayasa lalu lintas akan dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas," ujarnya.

Sebelumnya Kapolres setempat, AKBP. Riko Junaldy, mengatakan untuk membantu mengamankan arus mudik 2016 pihaknya telah menyiagakan 220 personel dari berbagai satuan.

"220 personel sudah siap mengamankan arus mudik dan sejumlah kegiatan selama Idul Fitri sekaligus pendirian lima posko yang difokuskan Lapangan Merdeka, Pantai Gandoriah, Pantai Arta, Kecamatan Sungai Limau, dan Pulau Angso Duo," kata dia.

Pihaknya memperkirakan puncak keramaian akan terjadi di beberapa titik khususnya objek wisata seperti Pantai Gandoriah, dan Pantai Arta.

Kapolres mengimbau kepada para calon pemudik agar berhati-hati serta memperhatikan medan jalan terutama bagi pengendara yang baru pertama kali melintasi daerah itu. (*)