Pengusaha Rental Mobil Panen Rezeki Jelang Lebaran

id Rental Mobil

Pengusaha Rental Mobil Panen Rezeki Jelang Lebaran

Ilustrasi usaha rental mobil. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Para pengusaha rental mobil di Kota Padang panen rezeki karena tingginya permintaan masyarakat mengunakan kendaraan untuk mudik Idul Fitri 2016.

"Pada awal Ramadhan penyewaan mobil sepi, sepekan menjelang Lebaran mulai meningkat saat ini semua unit mobil telah dipesan konsumen ," kata pemilik usaha rental mobil "Santosa" Agung Pambudi di Padang, Senin.

Menurut dia, selama masa mudik Lebaran pihaknya memberlakukan sistem paket kepada penyewa yaitu konsumen dapat menyewa minimal tujuh hari sampai 10 hari.

Untuk sewa bervariasi tergantung jenis mobil, kalau sekelas Avanza, Xenia dan Ertiga biaya sewa selama tujuh hari Rp3.150.000, sementara untuk 10 hari Rp3.750.000.

Menurut dia, para penyewa lebih banyak menggunakan mobil untuk bepergian ke luar kota guna pulang kampung ke daerah tujuan di pulau Sumatera.

Sebelum berangkat, ia memastikan semua kendaraan telah dicek kondisinya agar laik jalan dan semua unit kendaraan telah diasuransikan, kata dia.

"Yang pasti oli, rem, ban sudah dicek dan bagian dalam mobil kembali disalon," ujarnya.

Mencegah terjadinya pencurian dengan modus menyewa kendaraan ia mengatakan semua mobil telah dipasang alat GPS sehingga dapat dilacak dimana posisinya.

Dengan GPS posisi mobil dapat diketahui melalui internet secara daring (online), kata dia.

Namun yang lebih penting adalah selektif dalam memilih calon konsumen karena itu jika tidak kenal, kami tidak akan memberikan mobil, ujar dia.

Agung menyampaikan dibandingkan Lebaran 2015 penyewaan mobil tahun ini sedikit mengalami sedikit penurunan.

Pada 2015 sepekan menjelang Lebaran penyewa sudah memesan dan membayar uang muka, sekarang baru tiga hari menjelang Lebaran, mungkin karena menunggu pencairan gaji 13 dan 14, ujarnya.

Sementara salah seorang penyewa Bobi mengaku akan menyewa mobil selama 10 hari untuk mudik dari Padang ke Pekanbaru Riau.

"Pakai mobil rental lebih nyaman, apalagi saya bawa keluarga jadi lebih leluasa dan praktis mengatur jadwal," ujar dia. (*)