Petani Dharmasraya Butuh Mesin Pengering Maksimalkan Panen

id Petani Dharmasraya, Mesin Pengering

Pulau Punjung, (AntaraSumbar) - Kelompok Tani Alium Sepa Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya membutuhkan bantuan mesin pengering gabah untuk memaskimalkan hasil panen.

"Kami menemui kesulitan saat menjemur padi ketika musim hujan, akibatnya petani murugi karena kualitas gabah menurun," kata seorang petani Slamet Raharjo, di Pulau Punjung, Kamis.

Hal itu dikemukan puluhan petani saat berdialog dengan Bupati Sutan Riska di Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Tiumang.

Menurut dia, seiring dengan perkembangan teknologi pertanian saat ini tentu semua permasalah yang di hadapi petani dapat dicarikan solusi agar hasil panen terus maksimal.

Tanpa bantuan dari pemerintah dalam mencarikan solusi dari permasalahan tersebut, lanjutnya, petani akan terus mengalami kesulitan dan tidak dapat berbuat apa-apa.

"Jadi bantulah kami mesin pengering pak bupati, jika tidak kami akan terus merugi," katanya.

Menanggapi hal itu, Bupati Sutan Riska akan mengupayakan dan mencarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi petani.

Pada kesempatan itu juga, bupati meminta instansi terkait untuk segera duduk bersama supaya memfasilitasi petani mendapatkan bantuan mesin pengering

"Masukan dari bapak-bapak akan segera dibahas, namun tentu secara bertahap," ujarnya.

Menurutnya, mengajukan proposal ke kementerian merupakan satu langkah awal yang harus dilakukan untuk membantu petani.

Turut mendampingi bupati saat dialog, para staf ahli bupati, asisten pemerintah, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Afdal Jp Tamsin, dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Yose Sudarso. (cpw)