Pemburu Ular Kantongi 105 Piton Temuan di Florida

id ularpiton

Florida, AS, 28/2 (Antara/Reuters) - Para pemburu ular yang mengejar serbuan ular piton Birma di Everglades, Florida berhasil menangkap 106 predator dalam program yang didukung pemerintah "Tantangan piton", antara lain mendapat ular sepanjang 4,6 meter, kata petugas, Sabtu.

Tantangan yang dilakukan sejak 16 Januari hingga 14 Februari mirip dengan tantangan serupa untuk jenis perburuan yang berbeda seperti yang dilakukan di Texas untuk memburu celeng yang dituding merusak pertanian demikian pula ikan gurame Asia yang menyerbu perairan Michigan.

Tidak jelas bagaimana tepatnya ular-ular piton Birma itu bisa merayap di sekitar Everglades Florida, mengingat satwa ini dikenal pandai menyelinap dan jumlahnya diperkirakan ribuan, kata juru bicara lembaga Margasatwa dan Perikanan Florida, Carli Segelson.

Pemerintah berharap agar perburuan yang didukung pemerintah seperti itu dapat membantu memantau jumlah hewan melata itu.

Florida sedang berusaha menghapuskan keberadaan satwa liar guna melindungi satwa asli setempat untuk jenis mamalia, burung dan reptilia.

Piton yang berasal dari Asia tiba di Florida sebagai hewan peliharaan dan beberapa ekor yang berhasil meloloskan diri ke alam liar dan dengan cepat berkembang biak.

Pada Sabtu petugas memberi penghargaan kepada pemburu ular piton yang unggul dalam upacara di Davie.

Bill Booth bersama tim memenangkan hadiah 5.000 dolar setelah berhasil mengumpulkan 33 ekor ular termasuk yang terbesar, 4,6 meter dengan bobot 56,7 kg, kata petugas.

Pemerintah setempat memberi pelatihan kepada peserta mengenai cara menangkap ular, mengunci kepalanya ke lantai dengan tongkat pengait, kemudian mengangkat tubuhnya dan memasukkannya ke karung.

"Kami bergelut untuk menangkapnya selama 20 menit dan kami rasa dia tidak akan lolos dari situ," kata tim itu mengenai ular terbesar.

Seluruh ular hasil tangkapan akhirnya akan dimusnahkan, tetapi banyak wilayah yang mempunyai peraturan agar reptilia itu diserahkan dalam keadaan hidup, kata Segelson.

Temuan 106 ekor tahun ini menunjukkan peningkatan dibanding perburuan serupa di Florida tahun 2013 yang menemukan 68 ular.

Belum dipastikan apakah tantangan menangkap piton akan diselenggarakan lagi tahun mendatang, tetapi pejabat negara bagian mendorong perburuan piton diluar lomba, katanya.