Nagari di Agam Torehkan Prestasi Tingkat Sumbar dan Nasional

id Nagari di Agam Torehkan Prestasi Tingkat Sumbar dan Nasional

Lubuk Basung, (Antara) - Nagari di Kabupaten Agam, berhasil menorehkan prestasi tingkat Sumatera Barat dan tingkat nasional semenjak 2010-2015.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN), Welfizar mengatakan, nagari yang menorehkan prestasi pada tingkat Sumbar maupun nasional yakni, Wali Nagari Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua pada 2010.

Kemudian, Wali Nagari Pakan Senayan, Kecamatan Banu Hampu pada 2011. Wali Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuah pada 2012, Wali Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, dan Wali Nagari Lawang Kecamatan Matur.

"Keberhasilan nagari-nagari tersebut tidak lepas dari sentuhan pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Mantan Bupati Agam Indra Catri dan Mantan Wakil Bupati Agam Irwan Fikri," katanya.

Ia menambahkan, itu semua buah keseriusan pemerintah dalam membawa nagari untuk menjadi lebih baik, serta mandiri.

Pemerintah tidak lupa memberikan acuan, maupun pedoman kepada pemerintah nagari, dengan hal itu mereka bisa menyelenggarakan pemerintahan di nagari dengan sangat baik.

Sedikitnya ada empat peraturan bupati yang dikeluarkan lima tahun terakhir antara lain, Perbub Nomor 34 tahun 2011 tentang tata cara pelaporan dan pertanggungjawaban, pemerintahan nagari.

Kemudian, perturan Bupati Nomor 26 tahun 2014 tentang pedoman penyusunan produk hukum nagari. Peraturan Bupati Nomor 23 tahun 2014 tentang pengangkatan dan pemberhentian sekretaris nagari dan bendara nagari.

Lalu, Perbub No 17 tahun 2015 tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat nagari.

Selain itu, juga diberikan, peningkatan kapasitas terhadap aparatur penyelenggara, pemerintahan nagari pada tahun 2012 yaitu sebanyak 492, orang dari seluruh yang berasal dari unsur ketua bamus, wali nagari, sekretaris nagari, kaur pemerintahan dan kaur pembangunan.

Sementara pada 2014 diikuti oleh 246 orang yang terdiri dari unsure wali nagari, Ketua bamus dan Tp-PKK. (*)