Koarmabar Siapkan Pengawak Kapal Bantu Hidro Oceanografi

id Koarmabar, Siapkan, Pengawak, Kapal, Bantu, Hidro, Oceanografi

Jakarta, (AntaraSumbar) - Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) tengah mempersiapkan pengawak kapal Bantu Hidro Oceanografi (BHO)-2 dengan melatih 40 personel calon awak melalui Komando Latihan Koarmabar.

Pelatihan calon awak BHO-2 yang berlangsung selama lebih kurang tiga bulan itu ditutup oleh Wakil Komandan (Wadan) Kolatarmabar Letkol Laut (P) Arief Rustaman mewakili Komandan Kolatarmabar Kolonel Laut (P) Gregorius Agung WD, di Markas Komando Kolat Koarmabar, Jakarta, Selasa.

Komandan Kolatarmabar, Kolonel Laut (P) Gregorius Agung WD dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Kolatarmabar, mengatakan, program pelatihan cawak kapal BHO ini untuk memberikan pembekalan tentang fungsi, peran, prosedur, pengoperasian peralatan baik secara individu maupun terintegrasi bagi para calon pengawak kapal BHO.

Sehingga diharapkan mampu mengoperasikan kapalnya sesuai dengan prosedur standar operasi yang ditetapkan.

Ia mengatakan, profesionalisme prajurit dan satuan bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan karena tantangan tugas yang dihadapi diperkirakan semakin meningkat dan kompleks.

"Hal ini diperlukan kesiapan satuan yang didukung oleh prajurit yang berkualitas melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, sehingga pembinaan satuan dapat terlaksana secara benar, ideal, tepat dan baik," tuturnya.

Komandan Kolatarmabar juga menekankan kepada para Cawak BHO-2 agar eningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga kondisi kesehatan fisik dan mental sehingga seluruh cawak dapat berangkat menuju Prancis dan kembali ke Tanah Air dengan aman dan selamat.

"Tingkatkan terus profesionalisme dan selalu membekali diri dengan pengetahuan serta memelihara kerja sama antarpersonel untuk mewujudkan satu 'team work' yang solid sehingga dapat melaksanakan tugas pengambilan kapal dengan baik," tukasnya. (*)