DPRD Pasaman: Lahan Parkir RSUD Harus Dibenahi

id Pasaman RSUD

Lubuk Sikaping, (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat meminta agar lahan parkir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping dibenahi guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pasaman M. Mardinal di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan kondisi parkir kendaraan RSUD setempat semakin semrawut sehingga mengganggu kenyamanan pasien dan pengunjung.

"Lahan perparkiran rumah sakit tersebut perlu perbaikan, sebab lokasi saat ini tidak memadai lagi untuk menampung kendaraan yang keluar masuk, sehingga patut menjadi perhatian pihak rumah sakit maupun pemerintah daerah," katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, pihak kepolisian daerah itu juga menyoroti lokasi parkir RSUD setempat. Pihak Satlantas Polres Pasaman menilai lokasi parkir tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2012 tentang Lalu Lintas.

Kasat Lantas Polres Pasaman AKP Muzhendri mengatakan setiap badan usaha dan perusahaan swasta harus memiliki analisa terhadap gangguan lalu lintas.

Pihak kepolisian setempat telah menghubungi pengelola rumah sakit agar bisa mengatasi persoalan parkir tersebut.

Muzhenri menjelaskan dengan kondisi parkir saat ini yang langsung berada tepat di depan jalan umum dan kantor bupati, keberadaan parkir RSUD mengganggu arus lalu lintas umum.

Hal itu, katanya, tidak hanya membahayakan pengguna jalan, tapi juga dapat berakibat kecelakaan bagi pengendara bermotor di sekitar kawasan tersebut.

"Kita dari pihak kepolisian meminta pihak rumah sakit segera memperbaiki lokasi parkir di kawasan tersebut agar tidak membahayakan pengguna jalan raya," katanya.

Berdasarkan data, untuk pembenahan lokasi perparkiran, pada tahun ini, RSUD setempat menganggarkan Rp50 juta.

Sehubungan dengan itu, Bupati Pasaman Benny Utama menyatakan meningkatkanya kunjungan ke RSUD Lubuk Sikaping merupakan salah satu penyebab semrawut perparkiran di kawasan itu. Daya tampung areal parkir sudah tidak memadai lagi.

"Untuk itu, ke depannya kami akan berupaya menyediakan lahan parkir yang dapat menampung kendaraan yang keluar masuk RSUD ini," katanya. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar