Program Agam Menyemai Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

id Program Agam Menyemai Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Program Agam Menyemai Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Lubukbasung, (Antara) - Program Agam Menyemai yang dicanangkan Bupati Agam Indra Catri, sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi mereka.

Salah seorang warga Kampuang Tangah Ahmad Solehun (47), mengatakan, dirinya merasakan manfaat dari Program Cerdas Agam Menyemai, karena lahan yang dimiliki sekitar setengah hektare, dikelola untuk pembibitan ikan nila dan menanam sayur-sayuran.

"Pembibitan dan penanaman ini saya lakukan karena termotivasi dengan program Agam Menyemai," katanya.

Hasil pembibitan itu, dijual kepada petani budidaya ikan di Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Untuk harga bibit ikan, kata dia, sesuai dengan ukuran. Ukuran tiga perempat dijual dengan harga Rp70 per ekor, untuk ukuran 25 mm dijual Rp25 per ekor.

Ahmad mengakui, untuk pemasaran tidak begitu sulit karena ia mempunyai pelanggan tetap, terutama warga Kecamatan Tanjung Raya yang selalu datang membeli benih ikannya .

Terkait bantuan yang diterima dari pemerintah daerah, ia telah mendapatkan bantuan berupa mesin giling pelet dari Pemkab Agam melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Agam.

Program inovasi cerdas ini mendapat pengakuan dari pemerintah pusat dengan meraih Innovative Government Award.

Program Agam Menyemai yang digagas bupati bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Program ini terus didukung dan digalakkan oleh masyarakat karena program ini bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Sekarang nyaris tidak ada lagi sumber dan aliran air yang tidak dimanfaatkan untuk usaha budi daya perikanan. Kolam ikan yang selama ini terabaikan, telah dimanfaatkan lagi untuk tempat memelihara ikan. Baik kolam yang berada di pekarangan warga, maupun di lingkungan rumah ibadah. (ari)