GUBERNUR APRESIASI PERKEMBANGAN PERKEBUNAN DAN PERTANIAN PASAMAN BARAT

id GUBERNUR APRESIASI PERKEMBANGAN PERKEBUNAN DAN PERTANIAN PASAMAN BARAT

Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar merupakan daerah multi potensi.Tidak saja memiliki laut juga memiliki lahan yang subur untuk ditanamai berbagai tanaman perkebunan dan pertanian. Tidak heran Pasaman Barat dikenal sebagai kabupaten sawit dan jagung.

Bahkan, dalam kunjunhgan gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pada Senin ( 18/11) memberikan apresiasi kepada Pemkab Pasaman Barat yang mampu mengembangkan potensi perkebunan dan pertanian yang ada.

Pasaman Barat diakui penghasil perkebunan. Seperti tanaman nilam, karet, kakao dan Aren. Semua itu bukti keberhasilan kepemimpinan Bupati Pasbar H Baharuddin R dan Wabup Pasbar H Syahrul Dt Marajo untuk memaksimalkan potensi perkebunan sebagai sarana peningkatan perekonomian warga.

Tentu, menuai hasil itu semua melalui kerja keras petani dan jajaran Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. Khususnya melalui Dinas Perkebunan Pemkab Pasbar. Memaksimalkan hasil tani sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, sudah semakin terbukti.

Demikian disampaikan Gubernur Sumbar, H Irwan Prayitno di hadapan H Baharuddin R, dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta sejumlah petani di Sungaiaua Kecamatan Sungaiaua, saat kunjungannya ke Pasbar, Senin (18/11).

Pada acara peresmian pasar lelang karet dan penyerahan alat bakar bersih karet, serta penyerahan penghargaan pada sejumlah aparatur dan kelompok tani di Sungai Aua itu. Gubernur juga menyampaikan akan terus memberikan dukungan penuh buat perkembangan perkebunan di kabupaten setempat.

Salah satu ciri khas Pasbar adalah dari segi perkebunan, tidak saja terkenal dari sisi perkebunan sawit tapi juga dari segi perkebunan karet, jagung, kakao dan nilam. Untuk itu ke depan dari Pemprov Sumbar akan tetap memberikan dukungan atas perkembangan perkebunan di Pasbar.

Bupati Pasaman Barat, H Baharuddin R dalam sambutannya menyampaikan komitmennya untuk terus memajukan perekonomian masyarakat, dengan memaksimalkan potensi perkebunan. Mutu pertanian di Pasbar sudah menjadi perhatiannya sebagai bupati , dengan harapan mutu para petani dalam menjalankan aktifitasnya semakin profesional. Serta akan dapat membuktikan perkembangan perekonomian kepada yang lebih baik.

Seluruh potensi perkebunan di Pasbar harus dapat dimaksimalkan petani, baik perkebunan kepala sawit, jagung, karet, nilam, aren dan juga potensi lainnya, seperti membudidayakan limau manis pasaman kembali seperti beberapa tahun yang lalu.

Kekompakan dan keseriusan para petani dan pemerintah daerah kabupaten, sangat menentukan potret perkembangan perkebunan di Pasbar ke depan. Apalagi setelah Dermaga Teluk Tapang di Air Bangis dan Bandara Pusako Anak Nagari di Nagari Kapa, sudah beroperasi nantinya.

Mari bersama-sama memajukan Pasbar, dengan memanfaatkan berbagai potensi perkebunan yang ada di kabupaten ini. Bantuan dan pembangunan yang diarahkan kepada petani harus termanfaatkan dengan sempurna. Pemda terus mendukung petani untuk meningkatkan hasil taninya, agar kesejahteraan petani dapat terwujud dengan baik, sebut Baharuddin.***Altas Maulana***