Rivan A. Purwantono paparkan langkah strategis Jasa Raharja pada Mukernas Organda

id jasa raharja

Rivan A. Purwantono paparkan langkah strategis Jasa Raharja pada Mukernas Organda

Foto bersama pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Organisasi Angkutan Darat (Organda) III Periode 2021-2026. Acara ini berlangsung di Alila Hotel, Solo, Jawa Tengah, pada Selasa (08/10/2024). (Antara/HO-Humas Jasa Raharja)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono memaparkan sejumlah langkah strategis yang telah diambil oleh Jasa Raharja bersama seluruh mitra kerja terkait dalam pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Organisasi Angkutan Darat (Organda) III Periode 2021-2026. Acara ini berlangsung di Solo, Jawa Tengah Selasa (08/10/2024).

Salah satu poin penting yang disampaikan oleh Rivan adalah pencapaian data kecelakaan lalu lintas secara nasional yang kini 100 persen sama dengan data Korlantas Polri. Keberhasilan ini dicapai berkat kerja sama ekosistem yang baik antara kedua belah pihak, yang juga berdampak pada penurunan angka kecelakaan lalu lintas secara nasional.

"Maknanya, sebenarnya bukan hanya tentang santunan, tapi bagi kami, menjaga masyarakat tetap selamat adalah yang paling penting. Oleh karena itu, kami terlibat dalam berbagai kegiatan preemtif dan preventif terkait keselamatan," ujar Rivan.

Kecepatan pelayanan Jasa Raharja tidak hanya didukung oleh ekosistem yang baik antara Jasa Raharja melalui IRSMS Korlantas Polri, maupun Doors. Namun, standar pelayanan di rumah sakit pun telah disusun dengan baik.

"Performance yang dilakukan oleh seluruh insan Jasa Raharja memastikan bahwa setiap korban kecelakaan tidak perlu datang ke kantor Jasa Raharja, cukup di rumah sakit dan kemudian dilengkapi dengan Laporan Polisi (LP) secara online, semuanya langsung selesai. Ini berdampak pada penurunan signifikan tingkat fatalitas lebih dari 28 persen," tambahnya.

Dalam kaitannya dengan Mukernas Organda ini, Rivan berharap semangat keselamatan jalan akan terus meningkat sehingga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak. "Semoga kerja sama ini akan semakin erat dan saling memberikan informasi untuk menjaga keselamatan jalan masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Mukernas yang berlangsung dari 8 hingga 10 Oktober 2024 ini mengusung tema "Semangat Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju". Agenda ini membahas tiga fokus utama, yakni program kepedulian terhadap kendaraan, program ketersediaan BBM, dan program inovasi pelayanan terhadap penumpang dan barang.

Selain Ketua Umum Organda Adrianto Djokosoetono, sejumlah tokoh penting turut hadir dalam Mukernas III ini, antara lain Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol.

Risyapudin Nursin, Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso, PJS Walikota Solo Dhoni Widianto, Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Sonny Irawan, dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno.