Sambut Hari Pelanggan Nasional, PLN Sumbar sapa dan dengarkan aspirasi Ombudsman

id PLN, Halpenas, Ombudsman

Sambut Hari Pelanggan Nasional, PLN Sumbar sapa dan dengarkan aspirasi Ombudsman

GM PLN UID Sumbar kunjungi Ombudsman Perwakilan Sumbar pada momentum Hari Pelanggan Nasional 2024. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Peringati Hari Pelanggan Nasional 2024, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho bertamu ke Kantor Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Sumatera Barat.

Kunjungan disambut langsung oleh Pjs Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Sumatera Barat Adel Wahidi.

Kepada Adel, Eric sampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi Ombudsman ikut mengawal kualitas pelayanan kelistrikan PLN dengan menerima pengaduan-pengaduan seputar PLN kemudian memproses dan mengaudiensi laporan tersebut sesuai dengan proses bisnis PLN.

Ombudsman juga ikut berperan dalam mengedukasi masyarakat tentang produk dan layanan kelistrikan. Eric mengatakan, peran serta Ombudsman mempertegas bahwa PLN berpihak pada pelanggan pada setiap bisnisnya.

‘’Terima kasih atas kepercayaan Ombudsman kepada PLN. Kami berkomitmen PLN untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan bahwa setiap keluhan pelanggan ditangani secara cepat dan efektif,” lanjut Eric.

Sementara itu Adel mengatakan, upaya PLN dalam memberikan pelayanan kelistrikan terbaik kepada seluruh masyarakat jelas terlihat. ‘’PLN mempunyai bisnis yang besar dan kompleks, namun selalu mengupayakan yang terbaik dan berusaha memenuhi semua kebutuhan pelanggan dalam hal kelistrikan. Kami sangat mengapresiasi,” katanya.

Adel berharap, PLN dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan kapasitas pengelolaan pelanggan yang mudah, akuntable dan cepat.

Eric melanjutkan, berbagai transformasi terus dilakukan PLN beberapa tahun belakangan, diantaranya sebagai upaya peningkatan dan perbaikan dari pengaduan pelanggan atas kinerja PLN.

‘’Sistem pengaduan pelanggan kami telah terkoneksi secara real time dengan sistem PLN yang disebut Yantek Optimization. Yantek Optimization membuat pelanggan akan sampai langsung ke sistem kami dan petugas PLN, kemudian pelanggan dapat memonitor progress dari pengaduannya masing-masing. Ini menjadi salah satu penerapan customer oriented PLN,” terang Eric.*