KPU Pasaman Barat umumkan hasil tes kesehatan pasangan calon 6 September

id KPU Pasaman Barat

KPU Pasaman Barat umumkan hasil tes kesehatan pasangan calon 6 September

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto-M Ihpan saat melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Unand Padang. KPU daerah setempat akan mengumumkan hasil tes kesehatan bakal calon pada 6 September 2024. Antara/HO-KPU Pasaman Barat. 

Simpang Empat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat akan mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan empat bakal calon bupati dan bakal calon bupati pada tanggal 6 September mendatang.

"Pemeriksaan kesehatan terhadap empat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati telah dilakukan di Rumah Sakit Universitas Andalas Padang pada 30-31 Agustus 2024 lalu," kata Komisioner KPU Pasaman Barat Syarif Hidayatullah di Simpang Empat, Senin.

Keempat bakal pasangan calon tersebut yaitu Yulianto-M Ihpan yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Lalu pasangan Daliyus K-Heri Miheldi dari Partai Gerindra, PPP, Hanura dan Partai Ummat. Kemudian Hamsuardi-Kusnadi dari Golkar, PAN dan PKB serta Tuanku Jailani-Syamsul Bahri dari Partai Nasdem dan PDIP.

Menurutnya kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati itu menjalani pemeriksaan kesehatan karena sudah menjadi ketentuan salah satu syarat pencalonan pada Pilkada 2024.

Hasil pemeriksaan kesehatan empat pasangan bakal cabup-cawabup diperkirakan akan diterima KPU pada tanggal 4 atau 5 September 2024.

"Setelah kami menerima hasil pemeriksaan kesehatan masing-masing pasangan bakal calon maka pada 6 September kami umumkan dan sampaikan ke masing-masing bakal calon," ujarnya.

Ketua KPU Pasaman Barat Alfi Syahrin menambahkan saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi dan klarifikasi berkas atau dokumen syarat pencalonan dan dokumen syarat calon dua bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati tersebut.

"Pemeriksaan berkas hari ini masih berlangsung hingga 4 September 2024. Pada 22 September 2024. Kami umumkan penetapan calon bupati dan calon wakil bupati," katanya.

Daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2024 di Pasaman Barat sebanyak 312.341 pemilih itu terdiri dari laki laki 155.689 pemilih dan perempuan sebanyak 156.655 pemilih.

Jumlah DPS itu berada di 11 kecamatan dengan 90 nagari (desa) dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 893.***2***