Pemkot Pariaman telah operasional perpustakaan daerah sejak awal tahun

id Pemkot pariaman

Pemkot Pariaman telah operasional perpustakaan daerah sejak awal tahun

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman, Sumbar Muhammad Syukri sedang diwawancara oleh wartawan di depan gedung Perpustakaan Daerah Kota Pariaman. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat telah mengoperasikan perpustakaan daerah semenjak awal tahun 2024 sehingga sudah dapat beraktivitas sebagai mana mestinya meskipun koleksi bukunya masih terbatas.

"Januari kami telah pindah berkantor ke Perpustakaan dan awal Februari telah mulai beroperasi," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman Muhammad Syukri di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan semenjak organisasi perangkat daerah itu pindah beroperasi ke gedung baru perpustakaan daerah maka aktivitas perpustakaan juga dimulai.

Ia menyampaikan agar aktivitas perpustakaan dapat berjalan Pemkot Pariaman memindahkan koleksi buku dan perlengkapan di perpustakaan daerah yang sebelumnya berada di Pantai Gandoriah ke gedung yang berada di Jalan By Pass Pariaman tersebut.

Namun, lanjutnya karena akreditasi Perpustakaan Daerah Kota Pariaman sebelumnya masih C maka akreditasi perpustakaan yang sekarang mengikuti akreditasi sebelumnya.

Menurutnya dalam waktu dekat akreditasi perpustakaan daerah tersebut akan meningkatkan seiring adanya bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah pusat.

Ia menyebutkan pada 2025 Perpustakaan Daerah Pariaman berpotensi mendapatkan bantuan senilai Rp700 juta yang terdiri dari perlengkapan sarana rak buku Rp500 juta dan Rp200 juta pelengkapan perpustakaan digital. Dana tersebut ditambah dengan dana alokasi khusus non fisik senilai Rp500 juta.

"Sekarang (alokasi anggaran tersebut) masuk prioritas yang keputusannya pada November 2024," ujarnya.

Syukri mengatakan semenjak perpustakaan tersebut beroperasi sudah banyak kunjungan karena lokasi bangunannya yang dekat dengan perguruan tinggi.

Pengoperasian gedung baru tersebut juga merupakan permintaan dari Perpustakaan Nasional yang meminta bangunan itu segera difungsikan setelah dibangun.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menargetkan mengoperasikan perpustakaan daerah Februari 2024 agar bangunan dengan anggaran sekitar Rp8 miliar dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tersebut dapat segera dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Tahun ini perpustakaan tersebut selesai, dan langsung kami operasikan pada Februari 2024. Perpustakaan Nasional pun juga meminta agar perpustakaan ini segera dioperasikan setelah selesai dibangun," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman, Muhammad Syukri di Pariaman.