Pj Wako Pariaman: kemerdekaan bukan sekadar peristiwa melainkan harapan baru

id Pj Wako Pariaman

Pj Wako Pariaman: kemerdekaan bukan sekadar peristiwa melainkan harapan baru

Pj Wako Pariaman, Sumbar Roberia memberikan replika Bendera Pusaka Merah Putih kepada anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka saat Upacara Bendera Memperingati HUT ke 79 Kemerdekaan RI di Pariaman, Sabtu. Antara/HO-Diskominfo Pariaman  

Pariaman (ANTARA) - Penjabat (Pj) Walikota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Roberia mengatakan kemerdekaan yang diraih oleh Republik Indonesia (RI) bukan sekadar sebuah peristiwa yang telah terjadi melainkan membawa harapan dan semangat baru untuk melanjutkan pembangunan berkelanjutan.

"Kemerdekaan adalah sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta melanjutkan perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita dengan dedikasi dan tanggung jawab," kata Roberia di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan kemerdekaan yang diraih bangsa ini bukanlah hal yang mudah karena banyak pengorbanan yang diberikan. Pengorbanan tersebut tidak hanya keringat dan harta namun juga nyawa.

Oleh karena itu, kata dia kemerdekaan ini harus dijaga dengan upaya dan karya nyata di segala bidang agar pembangunan di republik ini berjalan sesuai dengan harapan para pahlawan dan rakyatnya.

Menurutnya peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-79 RI harus menjadi tonggak penting dalam perjalanan bangsa ini guna memaknai transisi yang tengah dijalani bangsa Indonesia.

"Semoga dengan momentum HUT (Hari Ulang Tahun) ke 79 RI, kita dapat selalu bersatu dalam membangun Indonesia untuk lebih maju dan berkarya, menuju masyarakat sejahtera," katanya.

Roberia mengatakan pemerintah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para pejuang dan para pahlawan karena telah berjuang untuk kemerdekaan RI hingga saat sekarang ini.

“Tanpa jasa dan pengorbanan para pejuang ini, mustahil kita bisa menikmati kemerdekaan seperti saat ini. Untuk itu, kami mengingatkan kepada generasi yang sekarang untuk meneruskan perjuangan para pejuang kita," ujar dia.

Ia menyampaikan tema peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Nusantara Baru Indonesia Maju. Tema ini dipilih karena HUT RI pada tahun ini bertepatan dengan tiga momen penting bagi negara Indonesia yaitu penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), momen pergantian kepemimpinan, serta menuju Indonesia Emas 2045

Terkait dengan kesejahteraan masyarakat Robe menyampaikan kondisi Pariaman yang saat ini tidak ada lagi kemiskinan ekstrim yang hal itu menurutnya berkat perjuangan bersama untuk mensejahterakan rakyat.

“Di Kota Pariaman saat ini telah banyak kemajuan, berkat jasa para pejuang. Dan tugas kami para generasi untuk melanjutkan perjuangan dan memajukan Kota Pariaman”, tutupnya.