Pemkot Pariaman siapkan sejumlah kegiatan semarakkan HUT RI

id Pemkot Pariaman

Pemkot Pariaman siapkan sejumlah kegiatan semarakkan HUT RI

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Sumbar, Yaminu Rizal saat memimpin rapat persiapan kegiatan peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan RI. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menyiapkan sejumlah kegiatan guna menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di daerah itu.

"Ada beberapa agenda yang akan kami laksanakan dalam memeriahkan hari Kemerdekaan RI. Kami menginginkan agar seluruh rangkaian tersebut dapat berjalan dengan baik, apalagi agenda penaikan dan penurunan bendera,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yaminu Rizal di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari Jumat (16/8) dengan agenda mendengarkan pidato Presiden dalam sidang tahunan MPR RI serta dilanjutkan dengan mendengarkan pidato Presiden RI pada penyampaian keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN TA 2024 beserta nota keuangan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan diikuti oleh Pemkot Pariaman secara dalam jaringan tersebut akan diikuti oleh pemerintah setempat di ruang Rapat DPRD Kota Pariaman.

Kemudian, lanjutnya Pemkot Pariaman beserta pemangku berkepentingan di daerah itu akan melaksanakan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa di Kecamatan Pariaman Tengah sekitar pukul 00.00 WIB.

"Paginya sekitar pukul 07.30 WIB dilaksanakan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih di Halaman Balaikota Pariaman yang dihadiri oleh seluruh Forkopimda, jajaran Pemkot Pariaman, dan pihak lainnya dengan menggunakan pakaian adat daerah atau batik,” katanya.

Kemudian, lanjutnya sekitar pukul 09.00 WIB Pemkot Pariaman mengagendakan kegiatan pertemuan dengan para veteran di Aula Kantor Walikota Pariaman.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat sekitar pukul 10.00 WIB dan diikuti oleh Pemkot Pariaman secara daring di Aula Balaikota Pariaman.

"Setelahnya akan ada pelepasan mahasiswa program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) oleh Pj Wali Kota Pariaman, Roberia di Aula Balaikota Pariaman," ujarnya.

Sekitar pukul 12.45 WIB Pemkot Pariaman akan mengikuti Upacara Pemberian Remisi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pariaman, kata dia.

Selanjutnya sekitar pukul 16.30 WIB dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera dan malamnya dilaksanakan malam Resepsi Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) di rumah dinas walikota sebagai apresiasi atas kerja keras anggota Paskibraka karena telah menaikan dan menurunkan Bendera Merah Putih.

“Untuk keesokan harinya sekitar pukul 15.00 WIB dilaksanakan Pawai Alegoris untuk seluruh sekolah, organisasi perangkat daerah, dan instansi vertikal. Rutenya mulai dari Balaikota Pariaman dan finish di Muaro Pantai Gandoriah,” ujar dia.

Ia berharap seluruh rangkain acara peringatan Hari Kemerdekaan ke 79 RI di Pariaman dapat berjalan dengan sukses.

Terpisah, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pariaman Ferry Ferdian Bagindo Putra mengatakan ada perbedaan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini.

Ia merincikan perbedaan tersebut mulai dari bendera yang akan dikibarkan merupakan replika bendera pusaka serta pelaksanaan upacara menjadi sekitar pukul 07.00 WIB sedangakn tahun sebelumnya sekitar pukul 10.00 WIB.

"Ukuran bendera lebih besar dari yang sebelumnya serta tidak ada jahitan antara merah dengan yang putih," tambahnya.