Pj Wako Pariaman minta Pramuka jadi panutan generasi muda

id Pj Wako Pariaman

Pj Wako Pariaman minta Pramuka jadi panutan generasi muda

Penjabat Walikota Pariaman, Sumbar, Roberia (tengah) saat mengikuti Upacara memperingati Hari Pramuka (Hapram) ke 63 Tahun 2024 tingkat Kota Pariaman di Pariaman, Rabu. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pejabat (Pj) Walikota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Roberia meminta Pramuka menjadi 'role mode' atau panutan bagi generasi muda di daerah itu guna membentuk karakter pemuda yang tangguh.

"Pramuka harus menjadi 'role model' generasi muda, dengan disiplin, semangat, rasa persaudaraan, kemandirian, sosial, bertakwa, trampil, dan berkarya," kata Roberia saat mengikuti Upacara memperingati Hari Pramuka (Hapram) ke 63 Tahun 2024 tingkat Kota Pariaman di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan Pramuka bukan hanya gagah-gagahan akan tetapi mempunyai nilai-nilai dari Praja Muda Karana atau Pramuka dengan Dasa Dharma dan Tri Satya-nya, serta menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

Dengan Pramuka, generasi muda di Pariaman memiliki karakter yang tangguh sehingga mereka dapat bersaing di tengah kehidupan yang semakin kompetitif.

Oleh karena itu, ia berharap anggota Pramuka di daerah itu menjadikan Hapram ke 63 ini menjadi momentum menciptakan pemuda yang berkarakter sebagai generasi penerus bangsa.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan terkait dengan sejarah terbentuknya organisasi tersebut yang telah ada semenjak 1961 dan Presiden Soekarno menetapkan 14 Agustus sebagai Hari Pramuka.

"Banyak bapak bangsa yang lahir dari gerakan Pramuka ini, semoga semangat kemajuan untuk bangsa melalui Pramuka dapat dilanjutkan oleh generasi saat ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kakwarcab 16 Kota Pariaman, Hendri membacakan Amanat dari Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas), Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, dihadapan para peserta upacara.

Amanat tersebut terkait dengan berbagai kegiatan dan upaya yang telah lakukan Pramuka sebagai bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan memiliki daya saing.

“Gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda, dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang telah ditegaskan pada tema Hari Pramuka ke-63 yaitu Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI,” kata Hendri saat membacakan amanat dari Kakwarnas.

Pada Hapram ke 63 Kwarcab 16 Kota Pariaman juga menggelar Lomba Pramuka Siaga yang diikuti oleh seluruh Pramuka Siaga kelas 3 sampai 5 SD yang berasal dari seluruh SD yang ada di Pariaman.