KPU Sawahlunto optimalkan kegiatan tahapan pencalonan Kepala Daerah

id KPU Kota Sawahlunto,berita sawahlunto,berita sumbar,Pemkot Sawahlunto

KPU Sawahlunto optimalkan kegiatan tahapan pencalonan Kepala Daerah

Salah satu kegiatan tahapan pencalonan bakal pasangan calon Wali Kota di Pilkada Sawahlunto, yakni sosialisasi tahapan, dengan pemateri Forkopimda dan unsur teknis terkait, Rabu. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat telah melaksanakan dan memperkuat sejumlah kegiatan dalam rangkaian tahapan pencalonan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Ketua KPU Kota Sawahlunto Hamdani, dihubungi dari Sawahlunto, Rabu menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan saat ini adalah sosialisasi pelaksanaan tahapan pencalonan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto dengan menghadirkan peserta dari unsur pengurus dan operator di masing-masing Partai Politik (Parpol), ditambah dengan pimpinan perangkat daerah Pemkot Sawahlunto dan Camat.

“Sosialisasi tahapan pencalonan kita selenggarakan di Padang selama tiga hari, yakni sejak Selasa (13/08) sampai Kamis (15/08). Untuk narasumber atau pemateri yakni dari Penjabat (Pj) Wali Kota bersama jajaran Forkopimda serta unsur teknis terkait lainnya,” kata dia.

Ia menyebut, sebelumya KPU Sawahlunto sudah selenggarakan sosialisasi penyusunan visi misi pasangan calon kepala daerah yang disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), dengan pemateri dari Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda).

Setelah itu KPU juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, RSUD, BNN, Bawaslu, Kesbang dan Polres Sawahlunto terkait persiapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon sesuai Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024.

“Setelah itu KPU Sawahlunto juga menyurati Parpol untuk melakukan input/pendaftaran akun Aplikasi Pencalonan (Silon) Pilkada. Sekaligus disertai dengan informasi dan pendampingan tentang persyaratan yang perlu diisi pada Silon tersebut,” kata dia.

Setelah itu KPU juga menyurati Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama terkait verifikasi dan legalisir ijazah bakal pasangan calon.

Terkait verifikasi keabsahan dokumen kependudukan, KPU juga sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil.

“Selain itu, koordinasi juga dilakukan kepada Pengadilan Negeri, Kejaksaan dan Polres sesuai peran dan tupoksinya masing-masing,” katanya.

Hamdani menambahkan pihaknya pun berkoordinasi bersama Kantor Pajak Pratama (KPP) Solok terkait verifikasi laporan SPT Tahunan dari masing-masing bakal pasangan calon.

Setelah itu sinergi juga terus dibangun KPU Sawahlunto dengan Penjabat (Pj) Wali Kota, Sekretaris Daerah, KPU Provinsi Sumbar dan akademisi terkait.

“Untuk kegiatan terdekat yang akan dilaksanakan yakni pendaftaran bakal pasangan calon pada 27 sampai 29 Agustus dan pemeriksaan kesehatan pada 27 Agustus sampai 02 September,” kata dia.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Irzam menyampaikan komitmen jajaran Pemkot Sawahlunto dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2024, yakni salah satunya dengan dukungan pada KPU.

“Pemkot mempunyai peran strategis dalam menyukseskan Pilkada ini. Jadi sesuai dengan regulasi yang berlaku, kita sinergi dengan KPU, Bawaslu dan pihak-pihak terkait Pemilu lain,” kata dia.

Diharapkan dengan sinergi dan koordinasi yang baik dan semakin meningkat dari unsur pemerintah dan pihak penyelenggara Pemilu bisa menciptakan suasana yang aman nyaman tertib dan lancer bagi masyarakat pemilik hak suara untuk memberikan hak suaranya pada tahapan pemungutan suara nanti.