KAI Divre II Sumbar catatkan kinerja positif hingga Juli 2024

id KA Sumbar, KAI Divre II Sumbar

KAI Divre II Sumbar catatkan kinerja positif hingga Juli 2024

PT KAI Divre II Sumbar catatkan kinerja positif periode Januari-Juli 2024. (ANTARA/HO-PT KAI)

Padang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (Sumbar) mencatatkan kinerja positif baik pada angkutan penumpang maupun barang pada Januari-Juli 2024.

Kepala Humas KAI Divisi Regional II Sumbar M As’ad Habibuddin di Padang, Selasa, mengatakan pada periode tersebut pihaknya melayani 1.065.521 penumpang kereta api.

"Jumlah itu meningkat sekitar sembilan persen dibanding periode yang sama tahun 2023 yakni 975.886 penumpang," ujarnya.

Ia merinci jumlah penumpang itu masin-masing KA Pariaman Ekspres (Pauhlima – Padang – Naras pp) sebanyak 824.860 penumpang, KA Minangkabau Ekspres (Pulau Air – Padang – BIM pp) sebanyak 171.317 penumpang, dan KA Lembah Anai (Kayu Tanam – BIM pp) sebanyak 69.344 penumpang.

”Peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh berbagai faktor, salah satunya adanya sejumlah rombongan dari instansi sekolah. Di samping itu minat masyarakat menggunakan kereta api juga semakin meningkat, karena kereta api menawarkan kenyamanan dengan harga yang murah,” katanya.

Dalam kurun Januari-Juli 2024, lanjutnya, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,8 persen, meningkat dibanding periode yang sama tahun 2023 yakni 99,4 persen.

"KAI akan terus melakukan perbaikan-perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api. Dengan upaya peningkatan kualitas secara kontinyu ini, kami berharap kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan," kata As'ad.

Sementara untuk angkutan barang, kata dia, pada periode yang sama mencapai 1.171.090 ton atau meningkat 11 persen dibanding periode yang sama tahun 2023 sebanyak 1.052.570 ton.

“Pertumbuhan angkutan barang tersebut ditopang oleh adanya penambahan frekuensi perjalanan dan rute, serta penambahan gerbong dalam satu rangkaiannya. Hal ini sebagai dampak terus meningkatnya permintaan pelanggan atas angkutan barang menggunakan kereta api,” katanya.

Saat ini pihaknya melayani komoditas semen curah dan klinker dengan total angkutan masing-masing 769.140 ton dan 401.950 ton dalam kurun Januari - Juli 2024.

Angkutan barang menggunakan kereta api memiliki berbagai keunggulan, kata dia, seperti ketepatan waktu, keamanan, kapasitas besar, bebas pungutan liar, dan dikelola oleh SDM yang profesional.