156.655 orang DPS Pilkada Pasaman Barat perempuan

id Pilkada Pasaman Barat,berita pasbra,berita sumbar

156.655 orang DPS Pilkada Pasaman Barat perempuan

Ketua KPU Pasaman Barat Alfi Syahrin. Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menetapkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pilkada 2024 sebanyak 312.341 orang, sebanyak 156.655 pemilih merupakan perempuan.

"Dari DPS yang telah ditetapkan jumlah pemilih perempuan lebih banyak dari laki-laki. Dimana jumlah DPS laki-laki sebanyak 155.689 orang," kata Ketua KPU Pasaman Barat Alfi Syahrin di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan DPS itu tersebar di 11 kecamatan dengan 90 nagari (desa) dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 893.

Menurutnya setelah ditetapkan DPS maka KPU Pasaman Barat akan membuka masukan dan tanggapan masyarakat selama 10 hari dari tanggal 18-27 Agustus mendatang.

DPS yang dikeluarkan tersebut untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari masyarakat, sehingga bisa saja data DPS tersebut berubah, bisa bertambah ataupun bisa berkurang.

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dengan memberikan masukan dan tanggapan terhadap DPS yang akan diumumkan setelah dilaksanakan pleno di tingkat provinsi.

"Setelah penetapan DPS, kami akan mengumumkannya kepada publik untuk menerima masukan dan tanggapan masyarakat selama 10 hari sebagai bahan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT)," ujarnya.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan itu nantinya untuk mengecek pengumuman DPS yang akan dipajang di papan pengumuman di Sekretariat PPK dan PPS untuk memastikan apakah mereka sudah terdaftar sebagai pemilih.

Partisipasi masyarakat melihat langsung papan pengumuman DPS sangat diharapkan agar hak pilih masyarakat dapat terakomodir pada Daftar Pemilih Tetap nantinya.

"Kalau belum terdaftar, segera laporkan ke jajaran KPU Pasaman Barat. Masyarakat bisa mendatangi kantor KPU atau mendatangi sekretariat PPS dan PPK," sebutnya. ***2***