Dinkes Pesisir Selatan gelar Pelatihan Pengawasan Kualitas Kesehatan Lingkungan

id Dinkes Pesisir Selatan,berita pessel,berita sumbar

Dinkes Pesisir Selatan gelar Pelatihan Pengawasan Kualitas Kesehatan Lingkungan

Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan selenggarakan pelatihan pengawasan kualitas Kesehatan Lingkungan terhadap tenaga sanitasi lingkungan Puskesmas se Pessel. (ANTARA/HO-Diskominfo Pessel)

Painan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) selenggarakan pelatihan pengawasan kualitas Kesehatan Lingkungan (Kesling) terhadap tenaga sanitasi lingkungan Puskesmas se Pessel.

Pelatihan yang dimulai Senin (15/7) hingga Jumat (19/7) tersebut, diselenggarakan di UPT BKOM dan Pelkes Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Padang.

Plt Kepala Dinas Ksehetan Pessel, Intan Novia Fatma Nanda, mengatakan kepada media ini Rabu (17/7) bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk penguatan kapasitas sumber daya manusia bagi petugas sanitasi di semua Puskesmas.

"Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 2 tahun 2023 tentang Kesling, sanitarian bertugas melakukan pengawasan terhadap sarana dan media lingkungan yang berpotensi menularkan penyakit berbasis lingkungan. Makanya saya berharap melalui pelatihan ini dapat meningkat kapasitas petugas sanitasi untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang baik dan sehat di wilyah kerja masing-masing," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pelayanan kesehatan lingkungan di puskesmas merupakan kegiatan atau serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat baik dari segi aspek fisik, kimia, biologi maupun sosial.

"Sanitarian sebagai petugas sanitasi diminta mampu mengoptimalkan kinerja sanitarian dengan baik, sehingga mampu mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan lingkungan," ingatnya.

Melalui pelatihan itu, Kepala Bidang (Kabid) kesehatan masyarakat Apt, Fitria, S.Farm, juga tampil sebagai pemateri. Dalam paparannya dia menyampaikan terkait kebijakan Program Penyehatan Lingkungan.