Pemkot Pariaman maknai HUT daerah dengan perbaiki mentalitas

id Pemkot Pariaman,berita pariaman

Pemkot Pariaman maknai HUT daerah dengan perbaiki mentalitas

Penjabat Walikota Pariaman, Sumbar Roberia memotong nasi kuning saat peringatan HUT ke 22 Pariaman di Pariaman, Selasa. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 22 daerah itu sebagai momentum untuk memperbaiki mentalitas agar arah pembangunan sesuai dengan syariat Islam dan adat yang ada di daerah itu.

"Di usia 22 ini Pariaman sedang 'rancak-rancaknya' (bagus-bagusnya) kalau ibarat orang sedang gagah-gagahnya dan sedang cantik-cantiknya," kata Penjabat Walikota Pariaman Roberia usai sidang Paripurna Peringatan HUT ke 22 Pariaman di DPRD setempat, Selasa.

Ia mengatakan jika Pariaman salah dalam mengarahkan pembangunan dan pembinaan maka dalam 10 sampai 20 tahun ke depan daerah itu akan kalah dengan sumberdaya manusia dari kabupaten dan kota lain.

Padahal, lanjutnya Pariaman selama ini dikenal sebagai daerah yang menghasilkan tokoh yang sukses di rantau tidak saja di dalam namun juga luar negeri.

Menurutnya pembinaan mentalitas diperlukan dibandingkan dengan pembangunan infrastruktur agar generasi penerus daerah itu menjadi sumberdaya manusia mumpuni.

"Jadi yang 'cimeeh' (cemooh) dihilangkan, kalau ini terus dipelihara maka rusak generasi muda Pariaman," ini yang disampaikan oleh tokoh masyarakat tadi," katanya.

Roberia mengatakan percuma Pariaman membangun infrastruktur bagus jika generasi mudanya tidak memiliki mentalitas yang baik dan kemampuan yang mumpuni.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengingatkan agar tidak terlalu euforia dengan prestasi yang diperoleh Pariaman selama ini agar tidak sifat sombong dan lupa untuk memperbaiki diri.

Sementara itu, Ketua DPRD Pariaman Harpen Agus Bulyandi mengatakan daerah itu saat ini menjadi pusat perhatian di Sumbar karena daerah pariwisata dan religius serta aman.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus mengintropeksi diri agar Pariaman menjadi lebih baik ke depan.