KPU Pasaman Barat gelar sayembara maskot Pilkada 2024

id Sayembara maskot Pilkada 2024,Pasaman barat

KPU Pasaman Barat gelar sayembara maskot Pilkada 2024

KPU Pasaman Barat gelar sayembara maskot Pilkada 2024. (ANTARA/Altas Maulana).     

Simpang Empat,- (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, menggelar sayembara maskot Pemilihan Kepala Daerah 2024 sebagai upaya menarik simpati masyarakat untuk berpartisipasi pada pesta demokrasi itu.

"Sayembaranya sedang kita lakukan saat ini. Sudah ada 13 peserta yang mengirimkan karyanya hingga saat ini," kata anggota KPU Pasaman Barat Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Hafizul Pahmi di Simpang Empat, Senin.

Ia menjelaskan tema yang diusung dalam sayembara itu mengikuti tema yang diusung KPU Provinsi Sumatera Barat, yakni Pilkada Bermartabat Berbakti Untuk Nagari.

"Untuk penilai karya yang disayembarakan adalah anggota KPU Pasaman Barat, dari Dinas Pariwisata dan dari Institut Seni Indonesia Padang Panjang," katanya

Untuk penentuan pemenang, KPU Pasaman Barat akan mengumumkan dua nominasi karya pada Rabu (12/6), setelah itu baru ditetapkan satu pemenang.

Ia berharap maskot yang akan jadi pemenang nanti bisa menarik masyarakat terlibat aktif serta berpartisipasi menggunakan hak pilih pada Pilkada Serentak 27 November 2024.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU Pasaman Barat akan menyasar sekolah menengah atas sebagai pemilih pemula.

"Upaya ini telah kita lakukan ke sekolah-sekolah pada Pemilihan Umum 2024 yang lalu. Untuk pilkada akan kita lakukan secepatnya," tegasnya.

Pada Pemilu 2024, KPU Pasaman Barat langsung turun ke sekolah-sekolah melakukan sosialisasi. Sedangkan untuk Pilkada 2024, rencananya para siswa sekolah akan dikumpulkan untuk sosialisasi.

Ia menambahkan lembaganya fokus mengadakan sosialisasi kepada pemilih pemula karena berdasarkan daftar pemilih tetap pada Pemilu 2024, sebanyak 60 persen adalah pemilih milenial dan generasi Z.

Mengenai target partisipasi pemilih, KPU Pasaman Barat masih belum menetapkan karena menunggu petunjuk KPU RI dan finalisasi daftar pemilih tetap. Sementara pada pada Pemilu 2024, angka partisipasi pemilih mencapai 83 persen, melebihi target yang ditetapkan sebesar 80 persen.

"Rata-rata partisipasi pemilih mencapai 83 persen lebih. Animo masyarakat cukup tinggi untuk memberikan hak suaranya," katanya.