KPU Padang Panjang luncurkan tahapan dan maskot Pilkada 2024

id KPU Padang Panjang,Maskot Pandeka,Pilkada 2024 Kota Padang Panjang,berita padang panjang,berita sumbar

KPU Padang Panjang luncurkan tahapan dan maskot Pilkada 2024

Maskot Pandeka menjadi ikon Pilkada 2024 Kota Padang Panjang. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah daerah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, sambut positif peluncuran tahapan Pilkada 2024, Senin (27/5) bertempat di gedung M. Syafei Padang Panjang.

Plh Walikota Padang Panjang, Dr. Winarno, M.E, mengatakan peluncuran tahapan pilkada, sesuatu yang sangat positif. Masyarakat diimbau menyukseskan pilkada dengan cara mempertahankan situasi yang kondusif, dan memberikan hak suara di TPS.

"Bursa bakal calon sudah mulai marak, figur-figur sudah bermunculan, walaupun KPU hari ini baru saja secara resmi melakukan peluncuran tahapan Pilkada. Peluncuran ini sekaligus ajakan supaya masyarakat terlibat aktif serta berpartisipasi menggunakan hak pilih pada pilkada nanti dengan hati yang damai secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan bermartabat," kata Winarno.

Menurut dia, Padang Panjang, salah satu dari 508 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada secara serentak. Pelaksanaan pilkada ini merupakan momentum penting untuk menjamin keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan di Kota Padang Panjang pada masa mendatang.

Ketua KPU Kota Padang Panjang Puliandri, menyebutkan pelaksanaan Pilkada merupakan agenda besar yang butuh kerja sama berbagai pihak.

"Dukungan Pemerintah Daerah beserta segenap Forkopimda, perguruan tinggi, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, pers dan juga masyarakat secara keseluruhan sangat diperlukan,” kata dia.

Ia mengajak masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan isu SARA, berita hoaks yang kadang begitu cepat bergulir di media sosial. Tetap jaga kerukunan dan kedamaian demi terlaksananya pilkada secara langsung umum bebas, rahasia, jujur, adil dan bermartabat.

Pada kesempatan tersebut KPU Padang Panjang, juga luncurkan maskot Pilkada 2024 Kota Padang Panjang, maskot ini diberi nama Pandeka (Padang Panjang aktif untuk demokrasi yang berkeadilan. Maskot berwujud karikatur boneka dengan setelan baju taluak balango berwarna hijau sebagai warna identitas Padang Panjang.