KPU Padang Panjang finalkan maskot Pilkada 2024

id KPU Padang Panjang,Pilkada 2024

KPU Padang Panjang finalkan maskot Pilkada 2024

Sebelum finalkan Maskot Pilkada 2024, KPU gelar FGD dengan menerima masukan dari peserta FGD. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, finalkan Maskot Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang pada Pemulihan kepala daerah Walikota dan Wakil Walikota 2024.

Forum Grup Discution di gelar KPU setempat untuk menerima masukan dari berbagai unsur yang di undang, sebelum memfinalkan maskot yang sebelumnya sudah dirancang oleh tim perumus yang terdiri dari tokoh masyarakat, litbang Pemkot, ulama, tokoh adat dan mahasiswa ISI Padang Panjang.

Komisoner KPU Padang Panjang, Masnaidi mengatakan berharap maskot dimaksud sudah pada tahap 70 persen namun sudah melebihi ekspektasi, tinggal poles dan melengkapi maskot.

"Setelah final nanti akan kami plenokan dalam rapat KPU dan di SK-an, maskot ini akan kita luncurkan pada hari Senin 27 Mai 2024," kata Masnaidi.

FGD memunculkan ide tambahan yang di usulkan Ketua PWI Padang Panjang, Isril. N dan Kepala BPBD Kesbangpol I Putu Venda, agar pada maskot bergambar karikatur orang dengan data lengkap baju taluak balango dan sarung di tambahkan lambang Padang Panjang.

"Desain karikaturnya sudah bagus dengan warna dasar baju hijau sebagai identitas warna Kota Padang Panjang, namun kami mengusulkan agar pada sarung yang di gunakan ditambah dengan logo Padang Panjang untuk melengkapi identitas yang sudah ada," kata Isril.

Usulan yang sama juga dipertegas I Putu Venda. Dengan adanya logo Padang Panjang, memberitahukan maskot Pilkada menunjukan untuk Pilkada di Kota Padang Panjang.

Menurut Komisioner KPU Masnaidi, sejauh ini tidak ada larangan untuk menambahkan logo pada gambar karikatur Maskot Pilkada.

"Sesuai hasil kesepakatan peserta FGD, kalau ingin di tambah logo Padang Panjang atau tidak," kata dia.

Tim Perumus, awalnya menyetujui menambahkan logo Padang Panjang pada sarung sebelah kanan pada maskot untuk menyeimbangi logo KPU pada sarung sebelah kanan. Tim Perumus lainnya mahasiswa ISI, desainer maskot Pilkada menyarankan tidak usah di tambah logo, karena kertas suara yang dipegang maskot Pilkada juga sudah ada tulisan Pilkada 2024 Kota Padang Panjang.

Selain usulan penambahan logo, nama maskot yang sebelumnya di beri nama "Nan Cadiak" (Yang Cerdik) pada FGD berubah menjadi "Pandeka" (Pendekar), selain memiliki akronim kalimat Pandeka juga memiliki filosofi yang lengkap.

Sementara itu Ketua KPU Puliandri, berharap Maskot Pilkada yang telah di finalisasi pada FGD dan akan di luncurkan Senin 27 Mei 2024 akan membawa pada kebaikan pada Pilkada Kota Padang Panjang tahun 2024.