Pemkab Agam komit laksanakan empat program prioritas daerah

id Pemkab Agam,Bupati Agam Andri Warman

Pemkab Agam komit laksanakan empat program prioritas daerah

Bupati Agam Andri Warman bersama istri Ny Yenni Andri Warman. dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat berkomitmen melaksanakan empat program prioritas daerah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam tingkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kita tetap berkomitmen melaksanakan berbagai program prioritas daerah untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal di semua bidang," kata Bupati Agam Andri Warman di Lubuk Basung, Senin

Ia mengatakan empat program tersebut berupa pembangunan pondok Al Quran dan rumah tahfiz di setiap nagari atau desa dan jorong.

Setelah itu memberikan beasiswa pendidikan bagi anak-anak Agam yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi.

"Beasiswa telah kita salurkan kepada anak-anak kurang mampu, berprestasi dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan program lainnya berupa mendirikan Kampung Inggris bagi generasi muda agar dapat bersaing di dunia internasional.

Saat ini, Kampung Inggris telah ada di Nagari atau Desa Gadut, Biaro Gadang, Batu Palano, Lawang dan Manggopoh.

Pihaknya berharap kepada seluruh siswa yang belajar di Kampung Inggris agar dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi yang diinginkan.

"Mudah-mudahan kedepan anak-anak, remaja, dan masyarakat Kabupaten Agam akan lebih maju," katanya

Sementara program terakhir mendirikan halaqah adat tiap nagari, agar generasi muda mahir dalam bertutur pasambahan adat.

"Generasi muda kita bekali pendidikan formal, agama dan adat, sehingga peningkatan sumber daya manusia bakal tercapai dan mereka bisa bersaing dengan daerah lain," katanya.